Tutorial Illustrator: Membuat Infografik Keren

Tutorial Membuat Infografik
Judul:

Membuat Infografik Keren

Oleh: Wendy Ding 
Software: Adobe Illustrator CS2
Lama Pengerjaan: 1 - 2 Jam
Level: Menengah
Sumber: Digital Arts Online
File Bahan: -


Intro:


Infografis, seperti yang terlihat disamping, adalah alat visual yang hebat untuk berkomunikasi data dalam jumlah besar. Mengurangi sebagian besar data abstrak, mereka menempatkan informasi dalam konteks dan mengubahnya menjadi pengetahuan yang nyata dan berguna.


Dengan sedikit kepribadian dan kesenangan, sebuah infografis dapat menjadi cara yang khas dan menarik bagi pemirsa untuk belajar dan mengakses data. Aspek yang paling penting adalah pesan yang mendasari informasi utama yang sedang digambarkan. Semua elemen lainnya harus melengkapi dan memperkuat makna utama untuk pemirsa.

Untuk tutorial ini, kita akan bekerja dengan data yang telah saya susun, gambar saya temukan di Flickr.com. Saya memilih panjang rok dan lokasi pemakainya 'sebagai topik saya dan melihatnya melalui 29 foto. Sebelum saya mulai membuat sketsa, saya membayangkan bagaimana menampilkan desain keseluruhan dan legenda yang terbaik.
Agar berisi temuan saya dan berbagai lokasi geografis, saya memilih untuk sebidang tanah dengan pantai dan kereta bawah tanah - grafik batang normal tidak akan cukup dinamis untuk menampilkan berbagai informasi tersebut.




Langkah 1 : Membuat Sketsa

Cara terbaik untuk memulai adalah dengan membuat sketsa menggunakan pena dan kertas. Untuk diagram ini, saya membuat sketsa potongan isometrik tanah dengan tepi untuk pantai dan kereta bawah tanah untuk kedalaman lebih. Mempertimbangkan bahwa beberapa informasi perlu lebih diperjelas, saya ilustrasikan dalam dua 'keterangan' (rincian meledak). Ingat untuk meninggalkan beberapa ruang untuk judul dan legenda - seperti sketsa saya yang sebagian besar horisontal, saya meninggalkan beberapa ruang di bagian atas dan samping.
Langkah 1


Langkah 2 : Menyimpan Sketsa

Setelah Anda puas dengan sketsa, scan sketsa tersebut dan jangan khawatir tentang menyesuaikan kecerahan, selama gambar cukup jelas - itu hanya akan digunakan sebagai panduan dalam membuat gambaran. Selanjutnya, letakkan di lapisan bawah dokumen Illustrator baru sebagai template dengan mengklik dua kali pada layer, kemudian mengetuk Template dalam kotak dialog. Kemudian beri nama dan simpan dokumen Anda.
Langkah 2

Langkah 3 : Tracing

Tracing garis luar bidang isometrik menggunakan Pen tool, klik pada artboard dengan Pen tool, dan klik lagi pada titik kedua. Tahan titik kedua yang Anda klik dan tarik untuk membuat garis melengkung. Klik titik kedua lagi untuk menutup salah satu pegangan. Ulangi ini untuk membuat bentuk lengkap, terhubung antara titik terakhir dengan yang pertama. Gunakan Direct Selection tool (A) untuk menngubah bentuk lengkunga dengan mengklik poin dan pegangan.
Langkah 3




Langkah 4 : Membagi Path

Tombol Divide dalam panel Pathfinder (Window > Pathfinder) sangat baik untuk memotong bentuk yang lebih besar menjadi bentuk yang lebih kecil, hal ini menghemat waktu dengan menghindari keperluan membuat bentuk lebih kecil dengan terpisah.
Untuk membagi bentuk, gambarkan sebuah garis atau bentuk lain dengan Pen tool melintasi sebuah bentuk, ini akan menjadi garis pemotong. Berikutnya, pilih keduanya dan klik tombol Divide. Ungroup obyek (Shift > Cmd/Ctrl + G) dan sekarang anda memiliki dua buah bentuk potongan. Hampir setiap obyek rumit dengan tepi rapi dibuat dengan cara ini.
Langkah 4

Langkah 5 : Membuat Tanah

Gambar tanah dengan Pen tool dan warnai hijau muda (#97C947) tanpa isi. Berikutnya, pilih tanah dan terapkan Inner Glow (Effect > Stylize > Inner Glow) dengan warna #469923, dengan transparansi 75%, dengan Edge tercentang.
Gunakan layer terpisah pada setiap obyek, Gambarkan detail tanah lainnya – Jalanan, Tempat parkir, pantai, dsb. Jaga agar setiap obyek berada pada layer terpisah dalam susunan tingkat yang tepat sehingga hal ini akan membuat diagram lebih masuk akal dan efisien.
Langkah 5


Langkah 6 : Membuat Pantai

Sebuah area yang mungkin memerlukan trik: pantai. Perpindahan dari tanah ke pasir hingga air lebih alami dibanding besi dan permukaan datar, sehingga Gradient biasa tidak akan berfungsi disini. Gunakan Gradient Mesh tool (U) untuk area ini. Bengkokan dan putar grid untuk membuat kontur. Kemudian, gunakan Direct Select Tool, pilih titik yang diperlukan dan sesuaikan warnanya.
Langkah 6



Langkah 7 : Menciptakan Efek 3D

Kita juga perlu menekankan kualitas diagram 3D dengan potongan tepat ke sisi tanah dan air. Menggunakan Pen tool, buat sisi dan terapkan Radial Gradient dari panel Gradient hijau dan biru. Selanjutnya, atur sudut menggunakan Direct Select Tool (A) sehingga mereka bergabung bersama-sama dengan sempurna. Terakhir, saya menerapkan Drop Shadow menggunakan Effect > Stylize > Drop Shadow di # 000000, dengan blending mode diatur ke Multiply dan opacity ke 44%.
Langkah 7


Langkah 8 : Menambahkan Elemen

Selanjutnya, tambahkan elemen sekunder seperti bangunan, pohon, dan kereta bawah tanah menggunakan warna-warna cerah dan cahaya halus. Buat semuanya dimulai dari benda-benda yang paling dekat dengan latar belakang (dinding, lantai) untuk orang-orang yang paling dekat dengan latar depan (objek desktop, orang), ini akan menjaga agar susunan lapisan lebih mudah. Menambahkan rincian untuk bangunan dan keterangan untuk membuat segalanya lebih menarik dan untuk mendorong efek Dimana Wally?.
Langkah 8




Langkah 9 : Menambahkan Obyek

Kunci untuk membuat gambar 3D timbul adalah dengan menggunakan tiga nada utama untuk objek: warna dasar (warna utama objek), daerah yang diterangi (sisi yang paling terang dan menghadap sumber cahaya) dan area bayangan yang lebih gelap. Hal ini dapat dilihat pada objek seperti mobil dan bangunan. Rincian lebih lanjut seperti drop shadow ke sisi tanah juga tambahkan kedalaman.
Langkah 9


Langkah 10 : Membuat Simbol

Konversikan elemen ulangan untuk Simbol untuk mengurangi ukuran file secara keseluruhan: di sini, kami ingin melakukannya pada pohon-pohon, gadis-gadis dengan rok dan beberapa perabot kantor. Untuk membuat simbol, pilih objek kemudian menyeret mereka ke dalam panel Simbol. Kemudian, tarik dan tempatkan masing-masing Simbol pada artboard (area kerja). Sebuah drop shadow diaplikasikan pada gadis-gadis di rok untuk memberi mereka kedalaman dan keterlihatan.
Langkah 10






Langkah 11 : Informasi Ilustrasi

Buat ilustrasi info dan bungkus masing-masing dengan bentuk lingkaran. Untuk melakukan ini, buat lingkaran dengan tool Ellipse (L) dan letakkan di atas bagian ilustrasi yang akan dibungkus, kemudian pilih kedua objek, klik kanan (Ctrl + klik) dan pilih Make Clipping Mask. Kemudian tempatkan lingkaran yang lebih besar di bawahnya untuk menambahkan ketebalan garis luar.
Langkah 11


Langkah 12 : Menempatkan Obyek

Menempatkan setiap simbol dari gadis-gadis secara vertikal dan garis mereka dengan memilih mereka dan menekan tombol Horizontal Align Center di bawah Window > Align. Untuk menempatkan teks, menggunakan alat Type (T) untuk membuat teks dan menempatkannya sekitar ke kanan masing-masing simbol, dan kemudian dipilih setiap set dan menyelaraskan lagi menggunakan tombol Horizontal Align Center.
Langkah 12


Langkah 13 : Membuat Data Grafik

Untuk membuat grafik, pilih Column Grafik tool (J) dan klik pada artboard, kemudian masukkan data ke dalam masing-masing kolom. Setelah selesai, pilih tombol Check untuk membuat grafik muncul.
Untuk menyesuaikan grafik, pilih langsung setiap bar dan duplikat dengan copy-paste. Kemudian tempatkan angka dan kata-kata dengan Type tool.
Langkah 13


Langkah 14 : Font

Sesuaikan font dengan cepat menggunakan Cmd / Ctrl + T, yang membawa pada panel Characters and Paragraphs. Untuk menjaga gaya yang sederhana dan modern, saya memilih font Print Clearly pada copy utama untuk keringanan dan keterbacaannya, dan Howie’s Funhouse untuk judul karena sedikit lebih tebal. Kedua font memiliki nuansa ramah dengan ujung bulat dan daya tarik feminin.
Langkah 14

Langkah 15 : Koreksi Final

Sekarang semuanya selesai, lihat pada setiap aspek dari Infographic tersebut. Dapatkah rata-rata pembaca dengan mudah memahami apa yang sedang disampaikan?
Atribut yang paling penting dalam menciptakan infografis adalah bahwa hal itu menjelaskan informasi yang relevan dan penting - jadi latar belakang dan elemen sekitarnya harus menyoroti dan memperkuat informasi, daripada bersaing atau menghalanginya. Untuk topik ini, semakin banyak detail menyenangkan yang bisa kita masukkan ke dalamnya, semakin baik.

Langkah 15






Tidak ada komentar:

Posting Komentar