Menggambar Ekspresi Wajah Kartun Dengan Perubahan Sederhana

Menggambar Ekspresi Dari Perubahan Sederhana di Wajah

Menggambar Perubahan Sederhana Pada Ekspresi Wajah Kartun

Oleh: Carlos Gomes Cabral; Nastasia Peters.

Ada jutaan mata, mulut, hidung, telinga, dagu di dunia, masing-masing dengan karakteristik mereka. Bagaimanapun, dalam menggambar wajah dalam gaya kartun, Anda hanya perlu memahami dasarnya. Sekali Anda menguasai konsep tersebut, perhatikan pada kedalaman, pastikan bahwa kepala karakter Anda memberi kesan tiga dimensi dan Anda telah menguasai teknik menggambarkan dari berbagai sudut pandang. Jika Anda dapat melakukannya, bagus! Tetapi jika Anda benar-benar ingin menggambar perhatian pada karya Anda, Anda harus menguasai teknik untuk membawa tokoh kartun menjadi nyata dengan ekspresi wajah!

Sebenarnya setiap orang bisa menggambar wajah. Anda membuat lingkaran dengan beberapa titik dan garis dan siapapun yang melihat akan mengatakan itu adalah wajah. Tetapi, dalam cara yang sama bahwa ini sesuatu yang mudah untuk dibangun, ini bisa menjadi sulit ketika berhubungan dengan perasaan dan emosi... 

Tips: Jika Anda memiliki keraguan tentang bagaimana menggambar wajah kartun, lihatlah pada tutorial sebelumnya; atau, jika Anda tertarik dalam mempelajari lebih banyak tentang ekspresi, perhatikan tutorial ini yang ditulis oleh Nastasia Peters.



Perilaku Wajah Manusia


Berbagai ekspresi wajah manusia, seperti perbedaan nada suara, dapat berubah dengan mudah. Ekspresi bukan hanya hasil kontraksi otot belaka, tetapi kombinasi aksi beberapa otot dan mengistirahatkan otot lainnya. Perlakuan grup yang sama, sebagai contoh, dalam kedua situasi dari tersenyum dan tertawa, hanya dalam level intensitas yang berbeda.

Jika saya meminta Anda menjelaskan dengan tepat perasaan yang Anda ketahui dari gambar dibawah, Apa yang Anda katakan?

Perilaku Wajah Manusia

Saya tahu, Anda akan mengatakan bahwa sosok tersebut memberi Anda kesan tenang. Mungkin ia berfikir tentang sesuatu. Sebenarnya tidak satupun! Ini sebenarnya gambar yang menunjukan ketidak adaan emosi, jadi mungkin tenang dan santai adalah deskripsi yang baik untuk emosi sebaliknya.

Tak apa jika Anda menggunakan ekspresi ini setiap hari dalam gambar Anda. Nyatanya, ini adalah ekspresi yang digunakan orang dalam 80% keseharian! Ini menunjukan bahwa orang tersebut  hanya dengan wajah ini ketika sendiri, sebab ketika melihat orang lain atau menempatkan orang tersebut dalam suatu situasi, terdapat reaksi, yang akan terjawab dengan reaksi lain! Dan ketika ada dalam kartun, kita harus melebihkan efek ini hingga penuh untuk membuatnya jelas pada pemirsa kita tentang emosi yang sedang disampaikan.



Emosi Primer


Emosi Primer adalah emosi dimana manusia tidak memiliki cukup kendali dari bagaimana mereka berasal. Ini berarti bahwa jenis emosi ini tidak memiliki arah yang benar. Sebagai contoh, ini biasanya tiba-tiba, dalam rangsangan primer.

Emosi dasar adalah terekspresi di wajah kita tanpa suku, ras atau usia. Berikut saya tunjukan pada Anda yang utama:
Emosi Primer
  • Bahagia (1): Mulut melengkung keatas, alis lebih tinggi, mata terbuka lebar
  • Marah (2): Mulut melengkung kebawah, alis dengan ujung agak rendah, mata terbuka lebar
  • Takut (3): Mulut melengkung kebawah tak beraturan, alis lebih tinggi dengan bentuk tak biasa, mata terbuka lebar
  • Sedih (4): Mulut melengkung kebawah. alis dengan ujung agak naik, mata dengan bulu mata rendah
Tersebut adalah ekspresi utama wajah dan paling sering digunakan selama kehidupan kita. Bagi kartun, banyak mayoritas dari yang Anda akan perlukan untuk mengembangkan keempat ekspresi tersebut. Dari ini kita bisa mendapat emosi lainnya.

Berikut adalah dua ekspresi lain yang kurang terkenal yang terdiri dari kumpulan ekspresi dasar:
Emosi Primer
  • Heran (5): Mulut agak terbuka dan kecil, alis lebih tinggi dengan bentuk tak beraturan, mata terbuka lebar
  • Sebal (6): Mulut melengkung kebawah tak beraturan, alis rendah dengan ujung kebawah, mata tertutup

“Kenapa Anda memisahkan keduanya dari kelompok pertama?" Sederhana: Jika Anda perhatikan, ekspresi ini adalah variasi dari ekspresi kelompok pertama.


Sekarang, setelah Anda dikenalkan dengan ekspresi primer, Anda pasti bertanya-tanya mengapa mereka begitu sedikit, ya kan? Ini sederhana: seperti halnya warna utama, yang dapat dicampur untuk mendapatkan warna lain, emosi utama pun dapat dicampur untuk menghasilkan beberapa ekspresi wajah kartun lainnya! Coba perhatikan:
Emosi Primer
Perhatikan, untuk membuat ekspresi mengantuk, kita ambil alis dari ekspresi senang dan dicampur dengan mata hampir tertutup dari kesedihan. Keren bukan?




Emosi Keluarga

Kesenangan tidak berhenti disini! Emosi keluarga adalah emosi yang terbangun dari emosi yang sama dengan hanya mengubah satu komponen wajah, temukan emosi lainnya!
Emosi Keluarga
Perhatikan hanya mulut yang diubah. Kita bisa mengekspresikan dua perasaan yang berbeda hanya dengan mengubah sebuah elemen wajah! Berikut adalah contoh lainnya:
Emosi Keluarga
Sekali lagi, kita hanya mengubah mulut untuk mendapat emosi yang kita inginkan.
Saat ini kita gunakan mulut dan mata untuk menghasilkan variasi lainnya dari emosi primer yang sama.
Emosi Keluarga
Bukan hanya ekspresi primer yang memberi peningkatan pada emosi lain, kita bisa mengeluarkan emosi ketiga dari emosi sekunder pada wajah kartun. Perhatikan ini:
Emosi Keluarga
Seperti yang kita lakukan sebelumnya, hanya mulut bagian yang kita kerjakan.
Fantastis bukan? Ini cukup mungkin bahwa Anda mendapat lusinan atau bahkan ratusan wajah yang mungkin untuk design Anda dengan tekhnik ini!




Kesatuan Emosi Fisik


Emosi dari kesatuan fisik memiliki konsep sangat dekat dengan emosi primer, tetapi, tidak seperti mereka, bisa diasumsikan beberapa dan berbentuk tak terduga.
Ekspresi Emosi Fisik Lelah
Perhatikan emosi fisik tersebut juga diatur dari emosi primer. Kelelahan ini diambil dari kesedihan. Kita bisa meningkatkan emosi hanya dengan menambahkan elemen tambahan, seperti tetesan keringat, sebagai contoh:
Ekspresi Emosi Fisik Panas
Mari kita lihat contoh lainnya dari reaksi fisik yang kita tidak punya banyak kendali. Saat ini karakter kita tersetrum aliran listrik! Singkatnya: benar-benar kehilangan kontrol atas reaksi Anda sendiri!
Ekspresi Emosi Fisik Tersetrum
Seperti reaksi terkejut adalah sesuatu yang tidak bisa kita kendalikan dengan baik, dalam kartun ini adalah keuntungan, sehingga kita bisa melebih-lebihkan ekspresi untuk mendapat hasil yang diinginkan. Dalam kasus ini, kita melebih-lebihkan mulut.

Juga perhatikan bagaimana emosi primer menjadi dominan. Kejutan, bahkan menjadi tak terkendali, adalah variasi ketakutan. Yang paling menyenangkan dalam hubungan emosi fisik adalah itu, dalam kehidupan nyata, kita mendapat ekspresi ini tanpa khawatir bagaimana kita mendapatkannya, seperti saat terlibat pada faktor luar dan kondisi lainnya.




Intensitas dan Elemen Tambahan


Ekspresi wajah kartun hanya terbatas pada intensitas derajat tertentu. Tergantung pada intensitas, kita bisa membuat hasil yang sangat menyenangkan:
Ilustrasi Ekspresi Emosi bahagia
Ilustrasi Ekspresi Emosi Tersetrum
Vegeta? (Karakter Dragon Ball jika Anda tidak tahu) Selain intensitas kami juga dapat menyisipkan elemen tambahan untuk meningkatkan emosi. Pada gambar pertama kita menambahkan beberapa tetes keringat memantul dari wajah untuk memperkuat rasa takut. Dalam satu detik, kami menempatkan lidah keluar untuk memperkuat efek yang diinginkan.
Ilustrasi Ekspresi Emosi Sebal
Kembali pada rasa takut, mari mengutak-atik gambar untuk menemukan perasaan panik yang lebih besar!
Ilustrasi Ekspresi Emosi Ketakutan
Dengan menambahkan mata karakter dan membuatnya menutup wajah, kita menangkap efek spektakuler untuk kartun! Selamat!

Ubah Sudut Pandang


Untuk mendapatkan dampak yang lebih besar pada ekspresi dan merebut efek yang lebih dramatis, hal ini menyenangkan untuk merubah sudut pandang dari kamera untuk posisi yang tidak biasa. Itu ketika mengatur pandangan pada sudut yang ia tidak biasa terlihat, Anda menempatkannya dalam situasi “tidak nyaman” dan membuat tampilan lebih dinamis.
Mengubah sudut pandang
Contoh bagaimana sudut pandang merubah intensitas eskpresi.
Perhatikan ketika memposisikan sudut pandang dari atas, ini otomatis memberikan efek merendahkan karakter kita, membuatnya “menyusut” dan terlihat rapuh menghadapai ancaman. Dalam kontras, ketika memposisikan kamera kita dari bawah, kita membuat karakter kita menjadi lebih mengancam! Dagu yang mencolok, seringai dan sorotan membantu membuat atmosfir yang sempurna dalam ancamannya!

Dalam gaya kartun, karakter mengancam biasanya memiliki dagu besar dan mata yang lebih kecil. Namun, karakter lemah memiliki mata yang lebih besar dan lebih ekspresif, namun memiliki rahang kecil dan mulut selalu sangat dekat dengan dagu. Cobalah untuk menerapkan teknik ini di desain Anda dan Anda akan melihat hasilnya!




Bermain Dengan Stereotips dan Konteks Sosial


Untuk membuat Stereotip yang lebih besar dengan karakter kita, kita bisa menambahkan elemen halus yang menguatkan konteks pandangan. Bebebrapa tekhnik bisa menghasilkan efek ini seketika, karena informasi yang kita bawa dalam hidup kita. Hal ini tergantung pada beberapa faktor seperti penyebaran film, televisi dan tokoh dalam kehidupan kita sehari-hari.

Perhatikan saat mabuk: rambut berantakan, tidak tercukur, kelopak mata berat dan gigi keluar dari mulut menghasilkan gambar sempurna dari mabuk. Kita tumbuh untuk mengenali orang-orang yang sedang dalam pengaruh alkohol dalam periode lama. Sedangkan orang yang sakit dengan hidung lebih besar dan berumur. Mata tertutup dan tetes liur mengindikasikan kesehatan Anda terganggu.
Ilustrasi ekspresi sakit
Berikut beberapa contoh. Gambar dibawah bisa digunakan dalam beberapa konteks. Saya bisa mengatakan bahwa pria diatas dengan rasa sakit yang besar, sedangkan pria di bawah meledak dalam kemarahan!
Stereotips dan Konteks sosial
Mari masukan beberapa elemen tambahan untuk melengkapi perubahan persepsi ini. Apakah Anda menyadari kita melakukannya? Dengan menambahkan air mata pada kedua karakter dengan tisu, kita bisa yakin keduanya menangis.
Stereotips dan Konteks sosial




Sinyal Wajah


Saat kita menambahkan beberapa cara menggunakan ekspresi kita dalam maksud mengirim sinyal tertentu pada orang lain, wajah kita membawa kita dalam arah berbeda. Hal ini karena, seperti emosi fisik, kita tidak memiliki banyak kendali pada “tanda-tanda” ini, yang membuat kita bereaksi dalam cara yang tidak terduga, seringnya diatur dari hati.

Dibawah ini kita memiliki contoh yang jelas dari pertukaran sinyal. Sang pencuri hati mengarahkan pandangan fatalnya pada sang gadis, dalam maksud menggunakan seluruh kekuatan rayuannya untuk merayu dia. Dia menanggapi dengan melihat dengan pandangan yang didominasi oleh nafsu. Anda pikir sang gadis jatuh padanya?
Sinyal wajah jatuh cinta
Mari kita lihat contoh lain. Gambar dibawh adalah pandangan yang biasa dalam kartun: Si gadis manis melakukan pose “mata anak anjing”, yang selalu mendapatkan keinginannya dengan bakat menawannya.
Ekspresi imut
Siapa yang bisa menolak wajah manis ini??
Mari kita ubah konteksnya. Kita hanya mengubah arah mata, yang sekarang melihat arah lain dari orang didepannya. Detail kecil ini membuatnya lebih pemalu. Keren bukan?

Ekspresi malu
Dalam tambahan pada arah mata, kita menambahkan sedikit rona pada pipi, memberi kesan bahwa dia gadis pemalu.



Kesimpulan

Jika Anda memiliki kesulitan dalam mengekspresikan perasaan dan emosi dalam karakter Anda, sebuah cara untuk mendapatkan hasil lebih baik adalah menjiplak ekspresi ini dalam karakter. Cara ini Anda akan melatih persepsi Anda dan juga memperkaya gudang senjata tekhnik Anda.

Ekspresi wajah adalah subyek tambahan yang melalui pembelajaran jauh dari wajah untuk mengekspresikan emosi dan perasaan dalam gaya kartun. Seperti yang dikatakan sebelumnya, kita memiliki kendali penuh dari emosi kita hanya seperti kita benar-benar kehilangan kendali ketika kia tergigit anjing sebagai contohnya.

Ingin membuat pengalaman menyenangkan? Undang keluarga untuk berfoto dan perhatikan bagaimana mereka semua membuat wajah yang sama dalam tersenyum, ini adalah emosi terkendali, dimana mereka berpura-pura dalam perasaanya. Bagaimanapun, cobalah memberi mereka ketakutan yang sangat dan Anda akan melihat bagaimana setiap orang mengekspresikannya ketika menerima rasa takut.

Saya harap Anda termotivasi untuk berlatih apa yang Anda pelajari disini, tentang bagaimana mengekspresikan beberapa emosi dalam karakter Anda. Jangan lupakan, ketika menggambar kartun, Anda perlu melebih-lebihkan sebagian besar ekspresi ini dan memahami setidaknya dasar dari bagaimana mereka terbentuk seketika membawa pengenalan dengan penonton.
Menggambar Ekspresi Dari Perubahan Sederhana di Wajah
Siapa yang tidak pernah menggunakan kekuatan rayuan untuk memenangkan hati seseorang hanya dengan melihatnya?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar