Membuat Makhluk 3D dengan Adobe Illustrator

Judul:

Membuat Makhluk 3D dengan Adobe Illustrator

Oleh: Derek Lea
Software: Adobe Illustrator
Lama Pengerjaan: 5 Jam
Level: Menengah
Sumber: Digital Arts Online
File Bahan: Download

Intro:

Alat luar biasa dalam Adobe Illustrator untuk membangun objek 3D dari bentuk 2D tidak dihargai sebanyak seharusnya. Berikut Derek Lea menunjukkan Anda bagaimana membuat makhluk offbeat menggunakan efek Revolve 3D Illustrator, lengkap dengan mulut, kulit mata dan sisik yang sederhana untuk digambar dan dibungkus pada tubuh dan kepala.







Ini semua sangat mudah - pada kenyataannya, agak terlalu mudah. Masalah saat bekerja pada vektor dengan cara ini, bahwa hasil dapat terlihat bersifat digital dan terlalu sempurna. Salah satu cara untuk memperbaiki hal ini adalah dengan masking metode yang memungkinkan Anda menggabungkan tekstur berbasis pixel dengan citra vektor. Derek melakukan ini di sini dengan menggunakan gambar sebagai opacity mask di Illustrator, memberikan makhluk tampak 'berkulit' usang.







Jika Anda tidak punya waktu membuat dua simbol untuk dibungkus pada makhluk, ambil file symbols.ai Derek dari Download. Lalu pergi ke menu Simbol panel, pilih Open Symbol Library > Other Library Lainnya dan arahkan ke file.





Ini adalah versi yang disesuaikan dari tutorial dalam buku Derek Lea, Beyond Photoshop. Diterbitkan oleh Focal Press, Beyond Photoshop menunjukkan pada Anda bagaimana dapat mentransfer keterampilan Photoshop Anda ke dalam aplikasi seperti Illustrator, Painter, Cinema 4D, Poser dan ZBrush - mengembangkan gaya Anda dalam arah yang baru.





Langkah 1


Dalam dokumen Illustrator baru, gambar persegi panjang besar dengan mengisi lime green dan tanpa stroke. Selanjutnya, gunakan alat Ellipse (L) untuk membuat elips vertikal dengan warna yang sama, tetapi dengan stroke biru muda, di dekat bagian bawah persegi panjang. Tekan Alt + Shift, tarik elips dengan alat Seleksi untuk mengisi dasar persegi panjang dengan deretan duplikat selaras dengan rapi. Tinggalkan sedikit ruang di akhir.


Langkah 2

Pilih deretan elips dan tekan Alt lalu tarik ke atas, buat duplikasi sedikit offset. Ulangi sampai persegi panjang diisi dengan pola menyerupai sisik. Sekarang, menggunakan stroke yang ada, mulai membuat mata, terdiri dari lingkaran dengan mengisi putih dan yang lain, lingkaran kecil dengan diisi cahaya ungu. Pilih kedua lingkaran dan menyelaraskan pusat horizontal dan vertikal mereka, kemudian seret mereka ke tengah persegi panjang. Akhirnya, gambar lingkaran kuning kecil tanpa stroke di dalam lingkaran ungu, sebagai sorot cahaya.

Langkah 3

Pilih semua apa yang telah Anda gambar dan tarik ke panel Simbol (saya bersihkan sebelumnya dengan memilih semua yang tidak digunakan dari menu panel dan mengeklik ikon Sampah di bagian bawah). Beri nama Symbol 1 dan centang Graphic tickbox, lalu tekan OK. Setelah itu, hapus isi artboard.


Langkah 4

Menciptakan sekitar tujuh baris elips hijau tampak seperti sisik, seperti yang Anda lakukan sebelumnya. Pilih setiap baris lain dan gelapkan isi warna sedikit. Sekarang membuat elips horisontal, panjang, oranye, tanpa stroke, di tengah pola, dan duplikat di panel Layers.
Dengan Pen tool (P), buat bentuk poligonal yang menyerupai beberapa gigi dan melampaui tepi atas elips oranye. Pilih bentuk baru dan elips duplikat, kemudian klik pada tombol Intersect pada panel Pathfinder. Ubah isi dari bentuk yang dihasilkan menjadi kuning.



Langkah 5

Pilih semua dan tarik karya seni Anda ke dalam panel Simbol, lagi membuatnya menjadi Graphic, dan beri nama Symbol 2. Hapus isi artboard lagi, dan gambar lingkaran dengan warna green lime yang digunakan sebelumnya, dan tanpa stroke. Sekarang kita akan memutar lingkaran menjadi semacam donat. Pilih Effect > 3D > Revolve dan aktifkan pilihan Preview dengan pengaturan lain seperti yang ditunjukkan di atas (untuk sebagian besar dari Anda, ini akan menjadi nilai default).


Langkah 6

Klik pada tombol Map Art dan pilih Symbol 2 di kotak dialog yang dihasilkan. Pastikan bahwa opsi Preview diaktifkan - dan Anda akan melihat bahwa cara simbol membungkus tidak seperti apa yang kita lakukan berikutnya.



Langkah 7

Anda dapat mengubah mapping dengan menyesuaikan Symbol 2 ini kotak pembatas seperti yang Anda lakukan dikesempatan lain, dan klik dan seret untuk memposisikan seni. Klik dan Seret diluar kotak hanya akan memutarnya. Bermain dengan posisi dan ukuran sampai Anda puas. Pastikan opsi Artwork Shade diaktifkan dan tekan OK; tekan OK juga di dialog pilihan 3D Revolve.


Langkah 8

Sekarang menggambar bentuk yang menyerupai sisi kiri dari setengah tepi luar lonceng; jangan khawatir tentang menutup bentuk. Dengan jalur terbuka yang dipilih, pergi ke Efek > 3D > Revolve, aktifkan opsi Preview dan kemudian mengatur Offset rata kanan.

Langkah 9

Klik tombol Map Art, pilih Symbol 1 dari daftar dan aktifkan opsi Preview. Dengan pilihan Shade Artwork diaktifkan, reposisi, ubah ukuran dan putar karya seni sampai membungkus dengan cara yang mirip dengan apa yang ditampilkan di sini. Klik OK, dan kemudian klik OK juga di pilihan 3D Revolve. Tweak posisi relatif dari dua benda jika diperlukan. Bila Anda senang, pilih semua dan buat Group semuanya.



Langkah 10

Makhluk itu adalah bagian dari geometri otomatis - dan itu sangat terlihat. Untuk memberikan nuansa yang lebih natural, tempatkan file mask2.jpg dari download, pilih semua dan pilih Make Opacity Mask dari panel menu Transparency. Setelah itu diterapkan, klik mask thumbnail (segi empat di sebelah kanan di panel Transparency). Sekarang Anda dapat menyesuaikan posisi dengan mengklik dan menyeret pada Mask, dan mengubah ukurannya seperti yang diperlukan menggunakan pegangan dalam bounding box.




Langkah 11

Jika Anda inginkan, Anda dapat membawa makhluk itu ke dalam komposisi yang lebih besar seperti yang saya buat. Klik pada artwork thumbnail di panel Transparency, pilih semua dan copy. Sekarang buka workingfile.psd di Photoshop dan paste makhluk sebagai Smart object di tumpukan layer teratas. Tingkatkan ukurannya jika diperlukan dan menempatkannya di kiri atas sehingga mencakup lingkaran hijau dan kuning di wilayah itu. Duplikasi Smart Object dan kemudian mengubah blending mode dari duplikat menjadi Color Burn. Kurangi opacity menjadi 48%.

 

http://adf.ly/1ZzBTs



Tidak ada komentar:

Posting Komentar