Membuat dan Memahami Logo Design

Semua yang tertulis disini untuk memahami tentang

MEMBUAT LOGO DESIGN


Diambil dari sebuah ebook oleh Blue Soda Promo (2013).

Artikel ini akan membahas tentang:

  1.    Apa itu Logo?
  2.    Memahami Logo
  3.    Merek dan Logo
  4.    Aturan dalam membuat Logo
  5.    Hal-hal yang perlu dipertimbangkan
  6.    Warna-warna pelangi
  7.    Pentingnya Tipografi (Typography)
  8.    Hindari logo buruk
  9.    Merek dibalik Logo
10.  Merek Anda, Logo Anda, Cerita Anda


"dalam sebuah study yang melibatkan anak-anak pra sekolah yang belum mampu membaca
MEREKA BIASANYA MENGETAHUI DENGAN PASTI
LOGO MANA YANG BERHUBUNGAN DENGAN MEREK MANA."
Sumber: ABC News


1. Apa itu Logo?

Lebih dari sekedar simbol atau font yang menarik
Dapatkah Anda mengenali merek tersebut hanya dengan sebagian kecil dari logo mereka?

"[Logo adalah] gambaran karakter sebuah Organisasi. [...] logo tidak berarti mewakili merek perusahaan atau identitas perusahaan" - Six Revisions

Mendapatkan perhatian sebagai sebuah perusahaan baru saat ini cukup sulit. Mencoba untuk menghadirkan sebuah merek yang kuat, konsisten dan mudah diingat adalah kunci sukses. Selain produk Anda, salah satu kunci dalam mengembangkan merek Anda adalah dengan membuat logo yang menarik.

Logo, Emblem, merek dagang, simbol, terserah Anda menyebutnya, gambar tersebut akan menjadi "wajah" perusahaan, maka ini sangat penting untuk memahami mengenai logo.




MEMAHAMI LOGO

Sebelum kita menyelam lebih dalam mengenai logo, hal ini sangat penting untuk memahami bagaimana logo seharusnya digunakan. Sebuah logo mengidentifikasi persahaan dengan menggunakan simbol atau tanda. Logo tidak harus mendeskripsikan bisnis, tetapi ini seharusnya menunjukan cerita merek dan perusahaan. Logo tidak menjual kata-kata perusahaan, tetapi sepanjang waktu, logo membantu pelanggan membangun kepercayaan dengan produk / layanan perusahaan.

Logo perusahaan dimaksudkan untuk menjadi "wajah" perusahaan. Logo merupakan pengenal perusahaan melalui warna, tulisan dan gambar, logo menyediakan informasi Khusus tentang bisnis yang memberitahu pelanggan berhubungan dengan inti merek perusahaan.

Logo juga cara mudah menunjukan perusahaan dalam iklan dan materi penjualan. Logo menyediakan titik jangkar untuk berbagai sisi proyek seperti tulisan, warna dan design yang dipilih.

Jacob Cass menjelakan fungsi logo dengan sempurna saat ia katakan:
"Pikirkan logo seperti orang. Kami memilih dipanggil dengan nama kami dari pada deskripsi yang membingungkan dan mudah dilupakan seperti 'seorang pria yang selalu mengenakan pink dan memiliki rambut pirang'. Dalam cara yang sama, sebuah logo harus memiliki deskripsi yang berhubungan dengan bisnis. Tetapi lebih mengidentifikasi bisnis dalam cara yang mudah dikenali dan diingat."

Logo membuat gambaran merek Anda dan semakin banyak orang melihat logo Anda, mereka dapat mulai menghubungkan dengan merek Anda. Segera, semakin anda mengetahui "pria yang berbaju pink" menjadi "Steve". Seperti bagaimana kita menghubungkan logo "Swoosh" dengan Nike, atau "Golden Curves" dengan McDonalds.


MEREK DAN LOGO

Berbicara mengenai merek dan logo, saatnya mengidentifikasi hubungan diantara keduanya karena ini sangatlah penting.
      - Merek Anda adalah cerita perusahaan dan semua yang mewakili.
      - Logo Anda adalah gambaran yang mengidentifikasi perusahaan Anda.

Sederhananya, logo Anda adalah wajah perusahaan, sedang merek adalah kepribadian.

Tetapi, sebelum Anda mulai membuat sebuah logo, Anda harus mengenali pesan perusahaan. Dengan cara inilah Logo dapat memiliki makna tersembunyi.

Ini adalah konsistensi ide yang membentuk citra perusahaan dan tujuannya, apa yang perusahaan percayai dan mengapa ada. Karena Anda nanti akan membaca apa yang diperlukan saat mendesign logo, sebuah logo mengungkapkan bisnis lebih dari yang Anda pikirkan dan mendesign logo seharusnya berdasarkan pesan merek.

Dalam kamus Webster secara khas memberi Anda definisi sebuah kata, namun contoh kalimat untuk kata 'logo' sungguh menunjukan sebearapa penting dari memiliki design yang baik:
"Logo perusahaan adalah yang paling mudah dikenali dari seluruh dunia."

Kalimat ini mungkin cukup sederhana, tetapi ini menunjukan kekuatan sesungguhnya dan penyebaran yang bisa dilakukan sebuah logo.

Perusahaan diidentifikasi dan dikenali dari logonya. Ini merupakan hal pertama yang orang hubungkan dengan bisnis Anda, faktanya dalam beberapa kasus ini yang pertama kali orang fikirkan sebelum mengetahui bisnis Anda, oleh karenanya Anda harus berhati-hati saat memilih logo.

Kita berada pada zaman dimana orang harus memilih website untuk mendukung perusahaan, produk, dan/atau layanan mereka. Maka membuat penjualan pada perusahaan dengan logo kelas atas ada pada permintaan tertinggi. Bagi masyarakat umum, logo berfungsi sebagai pengingat dari bisnis atau produk dan bagi perusahaan, logo mereka adalah titik pengenalan pada bagaimana merek mereka bergantung.



Tapi berhati-hatilah, bisnis kecil biasanya bermain fast-and-loose dengan logo, kurang memberi perhatian pada ukuran, penempatan yang sesuai dan diliputi material (termasuk clip art) yang terlihat buruk secara visual.

Hindarai menjiplak atau membuat tipe lain dari suatu logo, atau membuat hal yang sama, tetapi tidak memiliki versi yang serupa pada cetakan atau sumber online. Selalu ingat bahwa logo adalah bagian dari merek Anda, cerita dan wajah pada perusahaan Anda, jadikan sederhana dan berkelas.

Sebuah logo menunjukan sebuah perusahaan dimanapun ia berada, jadi dapatkan segalanya! masukan seluruh bagian dari item promosi dan tampilan dagang. Letakan pada setiap bagian yang sesuai dengan bisnis. Pastikan ini muncul disetiap iklan. Ada ratusan cara menggunakan logo dan kekuatan pengulangan. Sebuah perusahaan dapat berpindah dari sisi lain keramaian menjadi pemimpin yang dikenali di lapangan dengan merek yang kuat.


"dari 100 merek terbaik dunia
95% MENGGUNAKAN SATU ATAU DUA WARNA
pada logo mereka."
Sumber: Design Buddy




2. Aturan dalam membuat logo

Ide pertama Anda bukanlah yang terbaik
Design Logo
Berfikir besar sejak awal, hal ini akan memberikan merek Anda potensi lebih dalam waktu lama.

Memenangkan hati dan pikiran pelanggan dengan logo yang mudah diingat dapat menjadi perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan dalam bisnis. Sebuah logo yang tajam dapat membuat orang terhubung dengan merek Anda dan menarik bisnis Anda ke jalan.

Identitas menjadi kurang harfiah dan lebih pada koneksi emosional. Apple adalah contoh perusahaan dimana merek membuka pintu untuk perluasan produk karena orang mencintai apa yang mereka junjung.

Dan semua itu dimulai dari logo mereka. Logo Apple tidaklah menunjukan teknologi komputer, lebih kepada apa yang ingin diwujudkan perusahaan, sederhana, produk elegan yang mungkin tidak murah, tetapi yang terbaik dalam industri.

Seperti yang sedikit telah kita bahas, sebuah logo adalah wajah dari merek Anda dan kesan yang paling awal yang pemirsa lihat mengenai perusahaan Anda, maka design logo sangatlah penting.

Logo yang baik akan memberikan pemirsa jalan pintas ingatan yang sederhana untuk membantu mereka mengerti dengan cepat mengenai bisnis, sementara design yang terlalu rumit lebih sulit untuk membangun pengenalan dan jarang berhasil.

Membuat pandangan yang efektif atas merek membutuhkan lebih dari sekedar design grafis. Seperti berbagai baris pekerjaan yang memerlukan kemampuan khusus. Design logo memerlukan beberapa latihan dan pengalaman untuk berhasil; pengetahuan adalah kekuatan mutlak!

Sketsa awal adalah wajib

Membuat sketsa merupakan langkah terpenting dalam design. Lompat langsung menuju komputer dapat membatasi kreatifitas dengan jumlah waktu yang dibutuhkan hanya untuk sebuah logo. Saat membuat sketsa, Anda dapat melepaskan kreatifitas dan memiliki banyak ide untuk dituangkan diatas kertas dalam waktu singkat. Gunakan komputer hanya untuk memperbaiki logo.

Menurut Web Designer Depot, dimulai dengan 20-30 sketsa atau ide kemudian buat berbagai variasi dari ide semula. Jika tak ada yang berhasil, mulai lagi dan buat sketsa baru lagi.

Seorang designer yang efektif akan menyimpan banyak waktu pada langkah ini daripada langkah lain dalam proses.

K.I.S.S (Keep It Simple Stupid)

Cara terbaik untuk mendeskripsikan aturan ini dengan contoh. Pikirkan Nike. Semakin sederhana logo, semakin mudah diingat. "Nike Swoosh" adalah logo yang paling sederhana, bagaimanapun logo ini mengandung banyak arti, dan salah satu yang paling terkenal di dunia.

Pastikan untuk ikuti aturan K.I.S.S sejak awal saat Anda membuat sketsa awal. Anda ingin mengerjakan design dengan hanya memberikan hal-hal yang dibutuhkan dan membuang elemen lain yang hanya akan meramaikan design Anda.


Warna Cerdas

Teori warna bisa sangat kompleks, memahami warna dasar dapat menjadi keuntungan bagi bisnis Anda. Beberapa dasar yang penting antara lain:
- Jangan gunakan warna yang terlalu cerah yang melelehkan mata.
- Sebaiknya hindari neon dan cahaya warna, mereka dapat mengaburkan warna meski dalam jumlah kecil.
- Design logo Anda dalam hitam putih untuk memulai dan kemudian putuskan warna yang tepat. Jika tidak terlihat bagus dalam hitam putih maka tak akan terlihat bagus dalam warna apapun.
- Ingat selalu bahwa warna memberikan emosi dan perasaan yang berbeda, maka gunakan warna yang menunjukan kepribadian perusahaan.

Warna yang berbeda memberikan emosi yang berbeda. Sebuah penunjuk emosi dapat di temukan di Buffer App Blog.

Typography Sangat Berpengaruh!!

Typography sangatlah berpengaruh, ini dapat mempercantik atau merusak design logo. Seorang designer seharusnya mencoba beberapa lusin font sebelum memilih salah satunya. Bereksperimen dengan ukuran, spasi dan tebalnya. Model tulisan harus seimbang dengan merek Anda sebagaimana elemen lain dalam logo.

Jika Anda benar-benar ingin membuat perusahaan Anda mencolok, jadikan unik dan modifikasi font-nya, contoh baik untuk font yang unik adalah Yahoo!, Twitter dan Coca Cola.



Permudah Penggunaan Efek

Logo Design
Adobe Illustrator, Photoshop dan program grafis lainnya merupakan alat yang sangat kuat serta menyediakan filter dan efek terbaik yang dapat Anda gunakan pada logo, tetapi jangan terbawa arus!

Logo Anda tidak seharusnya bergantung pada elemen ini dan seharusnya terlihat baik tanpa hal-hal seperti bayangan atau efek gradien. Tak masalah untuk bermain-main dengan filter dan efek, tetapi ada suatu waktu dan tempat, untuk itu tidak diperlukan dalam design sebuah logo. Tentu saja, melihat program tersebut meningkatkan tampilan logo Anda bukan masalah, tetapi ingat bahwa kesederhanaan adalah kuncinya.

Keseimbangan Elemen

Pikiran kita secara alami menyukai kesimbangan, maka sangat penting bahwa elemen dalam logo seimbang satu sama lain. Beberapa kunci yang perlu diingat antara lain:

- Bermain-main dengan ukuran dan tebal garis di setiap grafik dan tampilan.
- Berjuang untuk layout kotak, Anda ingin sebuah logo yang dapat di skala-kan pada produk berbeda seperti kop surat atau grafik website.

Pikirkan tentang aturan keseimbangan dapat sewaktu-waktu rusak, ingat bahwa logo Anda akan dilihat oleh publik, tidak hanya oleh mata sebagai karya seni yang menawan. Maka keseimbangan design adalah cara paling aman untuk ditempuh.

Jadilah Orisinil!

Aturan terakhir untuk membuat logo yang efektif cukup sederhana, jangan menjiplak design orang lain! Tak ada salahnya melihat-lihat pesaing sebagai inspirasi, tetapi menjiplak karya orang lain adalah kesalahan.

Menjadi orisinil juga berarti tak pernah menggunakan clip art dalam design Anda. Sebagai designer, Anda seharusnya memiliki gaya Anda sendiri. Inilah yang membuat Anda bertahan.




"dari merek-merek dunia kelas atas
63% MENGGUNAKAN SANS FONT
dalam logo mereka
21% MENGGUNAKAN HELVETICA."
Sumber: Tasty Placement


3. Hal untuk dipertimbangkan

Tujuan psikologi pada design
Psikologi Pada Design
Hanya warna, tak berubah oleh arti, dan tak berteman dengan bentuk tertentu,
dapat berbicara pada jiwa dalam beribu-ribu cara berbeda. - Oscar Wilde

Pikiran kita terprogram untuk merespon warna, mereka membentuk pikiran dan emosi kita. Menurut penelitian, warna lebih berpengaruh dibanding suasana hati, warna punya kemampuan merubah kebiasaan membeli kita. Apa?! Ya, sebuah warna sederhana dapat mempengaruhi sebesar 80% dalam pengakuan merek yang secara langsung berhubungan dengan kepercayadirian pelanggan.

Jika digunakan, teori warna merupakan satu dari alat yang sangat penting yang dimiliki designer. Warna merupakan bentuk komunikasi non-verbal, namun mampu mengatakan pesan yang keras. Warna dapat secara cepat mengubah suasana, menyampaikan emosi, mempengaruhi reaksi atau menginspirasi seseorang untuk mengambil keputusan. Saat kita memilih palet warna yang benar, kita mampu memberitahu kisah merek dengan efek kuat.

Warna bukan satu-satunya faktor yang dapat menceritakan kisah logo Anda, pilihan typography penting bagi design. Dalam Logo Design Workbook, typography dideskripsikan sebagai "gambaran kata-kata". Setiap bentuk font dapat membawa arti berbeda. Anda tidak percaya? ketikan kata yang sama 20 kali, setiap tulisan menggunakan font berbeda, beberapa mungkin terlihat mirip, tetapi lainnya sangat berbeda.
Psikologi Design Typography

Wana, typography dan identitas perusahaan semuanya bergandengan dengan logo Anda. Sesuatu sesederhana pilihan warna pada font dapat merubah semua yang dipertahankan perusahaan. Jadi, sebelum Anda memilih font acak, baca beberapa panduan ini mengenai warna dan typography.

Warna-Warni Pelangi

Mari kita mulai dengan warna, sejak semula pikiran kita terprogram untuk merespon warna yang kita terima sebagai pesan yang membentuk pikiran kita. Sebagai manusia, keberlangsungan kita bergantung pada identifikasi warna. Kita gunakan indikator warna sebagai peringatan dan tanda bahaya. Garis bawahi: warna penting dalam hidup kita. Penting untuk menggunakan warna dengan tepat dan mengerti maknanya.

Jika sebuah gambar berarti seribu kata, sebuah gambar dengan warna yang sesuai mungkin berarti jutaan kata. Terdapat beberapa penelitian yang membuktikan bahwa warna berpengaruh dan juga bermain aturan yang penting dalam pengalaman visual kita. Berikut beberapa contoh bagaimana warna terasa.

Merah
Makna Warna Merah
Sebuah warna berani yang membangkitkan emosi kuat dari darah dan peperangan ke cinta dan hasrat. Merah digunakan pada design logo untuk menangkap perhatian penonton dan diketahui dapat membangkitkan tekanan darah atau membuat orang lapar.


Biru
Sebuah warna menenangkan yang dapat mengaduk wibawa, sukses dan keamanan. Sebagian besar orang mengatakan mereka suka setidaknya warna biru. Warna paling populer dalam design logo ini dapat terlihat luas dalam pemerintahan, medis dan logo perusahaan Fortune 500.

Hijau
Hijau menampilkan hidup dan pembaruan. ini adalah warna yang menyegarkan, namun juga menunjukan kecemburuan dan kurangnya pengalaman. Anda dapat sering bertemu dengan logo berwarna ini yang mencoba tampil ramah lingkungan.

Coklat
Coklat mengindikasikan alam dan kegunaan. Coklat digunakan pada logo yang berhubungan dengan konstruksi dan kegiatan sah sesuai dengan kesederhanaan, kehangatan dan kealamiannya.

Hitam
Hitam melambangkan ancaman atau setan, populer sebagai inidikator kekuatan. Ditemukan dalam berbagai logo karena ketebalan, kesederhanaan dan pengalaman.




Pentingnya Typography

Typography adalah seni design dan pengaturan dalam membuat kata. Menurut berat, lebar atau tinggi, sebuag huruf seharusnya menyampaikan perasaan berbeda. Sebagai contoh, sebuah huruf tipis diatas dan disamping yang lainnya, akan membawa perasaan sempit dan tak akan terbaca. Pada sisi lain, sebuah huruf tipis, tipe Serif, dengan jarak sama, akan lebih mudah dibaca.

Steve Jobs tahu kekuatan typography dan menggunakannya untuk membedakan komputer Mac dengan kompetitor lainnya dengan membuat sistem yang mencetak font yang sama seperti yang dilihat pada layar. Sebelum komputer Mac, font hanyalah kode script berbentuk teks untuk membuat hasil tampilan pada print. Jobs tahu, bahwa orang mencari cara mudah untuk berkomunikasi dan menunjukan perasaannya. Sementara itu, Jobs meminta Susan Kare untuk mendesign serangkaian font (seperti Chicago, Athens, New York dan Geneva) yang terbaca di komputer sebaik pada printer.

Mari kita ke dua tipe font paling populer.
Tipe Font

Serif
Serif adalah garis kecil berekor dari sudut huruf dan simbol, terpisahkan oleh perbedaan unit alat ketik atau pengatur tulisan. Font serif lebih mudah dibaca dan direkomendasikan untuk printing. Serif membuat setiap huruf terpisah danmemudahkan otak kita untuk menerima dengan cepat. Font serif juga mempengaruhi emosi seperti tradisi, terpercaya, nyaman, dan rasa hormat.

Contoh font serif: Times New Roman, Georgia, Trajan, Garamond

Sans Serif
Sans-Serif adalah bentuk tulisan yang tidak memiliki fitur proyeksi kecil seperti "serifs" di akhir goresan. Sans Serif sangat baik untuk pekerjaan online. Dengan resolusi rendah, karakter serif kecil lebih sulit terbaca dari pada karakter sans-serif yang sama karena berbentuk lebih rumit. Sans Serif berteman dengan stabilitas, obyektif, kerapihan dan moderen.

Contoh font Sans-Serif: Helvetica, Myrad, Calibri, Futura, Proxima Nova.

Serif & Sans-Serif adalah dua tipe font paling populer, bagaimanapun hal ini tidak berarti Anda terbatas pada keduanya. Irisan serif, script dan font moderen mungkin jadi pilihan yang pas. Seperti warna, setiap tipe font memiliki karakteristik yang memiliki koneksi emosi terhadap kita.

Jadi pertanyaan sebenarnya adalah bagaimana Anda mendesign bentuk tulisan untuk logo?

Dengan lebih dari 45.000 font di pasaran, setiap orang menenyakan pertanyaan ini. Typography dapat menjadi topik yang rumit tetapi mengerti beberapa konsep dan aturan sederhana dalam typography dan membuat design grafis yang baik jadi yang terbaik.



Berikut kumpulan daftar hal-hal untuk diingat saat mengatur logo Anda dengan teks.
1. Ukuran - Ukur lebar teks, jika terlalu lebar maka akan mempersulit pembaca untuk beralih dari satu baris ke baris berikutnya. Jika terlalu sempit akan terlalu banyak pergerakan.
2. Rencana untuk penambahan font - Jangan lupa untuk memastikan tema dengan skala yang dibutuhkan saat Anda menambah ukuran font Anda. Jika Anda mengatur typography Anda dengan benar dan membuat tampilan penuh, maka tak akan menjadi masalah.
3. Gunakan jarak bersih seperlunya - White Space (jarak bersih) adalah celah antar elemen seperti badan teks, kolom dll. Hal ini dapat rusak ke elemen yang lebih kecil. Memberi design jarak bersih yang cukup adalah penting dan sangat membantu membuat design seimbang.
4. Konsistensi dan kemampuan mengadaptasi kunci komponen untuk membuat typography dengan baik agar sukses bersanding dengan merek.

Ada banyak cara memulai typography dan ini dapat memperbaiki atau merusak design. Ini adalah seni dan kemampuan yang membutuhkan waktu untuk menguasainya, tetapi ini adalah alat kuat yang dapat Anda gunakan dalam design.

Font paling sering digunakan oleh designer


"design ulang logo baru pepsi dilakukan dengan harga
$1.000.000,-
dari Arnel Group tahun 2008."
Sumber: Stocklogos


4. Hindari Logo Yang Buruk

Dapatkan pengakuan untuk alasan yang tepat
Th. 2012, team Miami Marlins memutuskan untuk merubah hak pilihnya.
Logo baru tersebut menjadi awal dari musim penuh bencana.
Cara termudah untuk mengakui suatu perusahaan dan membedakannya dengan yang lain adalah dari logonya. Namun, saat perusahaan Anda memiliki logo jelek dapat membuat potensial pelanggan ingin muntah, Anda akan dikenali untuk alasan yang salah. Maka sebelum Anda pergi dan klik pada iklan designer yang akan memberi Anda logo untuk $5, pikirkan tentang seperti apa logo yang benar-benar Anda ingin dapatkan (petunjuk: Hal ini tidak akan terlalu cepat untuk hal yang menjijikan) dan bagaimana ini akan memberi efek pada merek Anda (cukup sederhana, kurang baik).

Jika Anda mengikuti langkah-langkah diatas, tetapi logo Anda masih terlihat murahan meskipun dibuat oleh profesional, inilah saatnya memberikan sedikit waktu dan melihat pada beberapa poin kunci untuk merubah logo Anda dari membuat sakit perut menjadi logo yang tak tertandingi.

Logo Anda menunjukan siapa Anda. Berhenti stress memikirkan tentang merubah logo Anda. Jika logo Anda tua dan termakan usia, maka Anda terlihat tua dan ketinggalan jaman. Jika logo Anda jelek dan tidak berkaitan, maka Anda terlihat jelek dan tidak nyambung. Sementara pelanggan mengkritik logo Anda, mereka lebih fokus pada rasa dari merek Anda yang akan mereka dapatkan. Anda ingin memastikan bahwa perasaannya akan baik, bagaimanapun, tak masalah seberapa bagus perusahaan / produk, jika tanda buruk maka kesan pertama produk Anda buruk.

Jangan serahkan design Anda pada pemula. Adik Anda yang berumur 19 th mengabil kelas design di Sekolah dan memiliki konsep design untuk logo perusahaan baru Anda dengan harga murah hanya $50, hentikan adik Anda sekarang juga. Ongkos yang murah tepat seperti hal murah yang akan Anda dapatkan. Anda menjalankan bisnis profesional dan segala yang menunjukan bisnis Anda seharusnya sama profesionalnya (termasuk logo). Inilah alasan biasa mengapa logo Anda terlihat amatir:
 - Anda memutuskan untuk menabung dengan mendesign logo Anda sendiri.
 - Anda memiliki keluarga atau teman yang sedikit mengetahui photoshop dan akan mengatasinya.
 - Anda memberikan pekerjaan pada perusahaan online yang menyediakan logo murah.

Semua diatas dapat menimbulkan bencana, jika logo Anda terlihat amatir, maka begitu juga dengan usaha Anda.

Sedikit perkecil skalanya. Logo Anda tidak harus dengan ukuran font 85 pt, selama kita dapat melihat dan membacanya, Anda berhasil. Sebuah logo besar seperti tanda keangkuhan yang besar. Seperti berteriak, HEY LIHAT AKU! Saya dapat berasumsi tak satupun pelanggan senang diteriaki seperti itu. Maka sedikit perkecil logo tersebut.

Tak perlu berteriak, saat Anda meiliki model design logo yang baik akan berdiri sendiri tanpa perlu ditunjukan kepada calon pelanggan. Dengan logo yang besar, perusahaan Anda juga memberi pikiran bahwa segalanya dipenuhi diri sendiri (seperti orang kecil dengan truk besar), yang mana dapat diartikan menjadi tidak aman. Piagam penghargaan yang terasa ditempatkan dengan rasa seimbang dan proporsional.



Sederhanakan dari keramaian. Kita sekali lagi kembali pada konsep K.I.S.S (Keep It Simple, Stupid!) Hanya karena Anda memiliki toko hewan peliharaan tak berarti Anda harus mencoba memasukan setiap hewan yang Anda miliki dalam logo Anda. Logo rumit yang coba dipaksakan dalam konsep akan terlihat buruk, sulit untuk mereplika dan membingungkan bagi pelanggan. Anda dapat menceritakan seluruh cerita dibalik merek dengan website Anda, iklan dan media sosial, logo Anda hanya sebuah aspek dari keseluruhan merek.

Jangan terfokus pada puncak tren. Tren logo dapat datang dan pergi secepat fashion dan segera berubah menjadi tembakan. Sebuah logo yang baik dibuat menjadi abadi yang bisa didapatkan dengan mengabaikan trik dan tipuan dari design terakhir. Menjadi awas sebagai designer, terutama dari kegilaan akhir-akhir ini menjadi sangat penting. Maka Anda dapat menghindarinya.

Daripada memilih rasa bulanan, pikirkan tentang apa yang terbaik untuk keberlangsungan merek Anda. Sebuah logo berubah menjadi logo terbaik saat ia mampu melalui semua tren dalam tahun ini dan tahun mendatang serta masih mampu berdiri sendiri. Coca Cola adalah salah satu contoh terbaik, mereka tidak pernah merubah logonya selamanya, tetapi masih lazim dan indah.

Masukan pesan dalam logo Anda. Berberapa dari kita dapat mengenali sebuah logo perusahaan dari beberapa mil, tetapi kita hampir selalu melewatkan pesan masukan tersembunyi atau secara cerdas dan sederhana untuk pemirsa dari berbagai kelas, sementara itu banyak logo terkenal dibuat dengan pesan tersembunyi yang pertama kali mungkin tidak Anda perhatikan tetapi Anda kembali melihat untuk menemukan pesan merek yang coba disampaikan logo.

Contoh Design Logo Buruk


"Kami menginginkan sebuah logo yang merefleksikan Yahoo.
ANEH, CUKUP MUTAKHIR, MODEREN DAN BARU,
dengan memahami sejarah kami. Memiliki sentuhan Manusia,
Pribadi, Membanggakan."
Sumber: Marissa Mayer pada logo baru yahoo.


5. Merek Dibalik Logo

Sebuah cerita pada gambar
"Kami memutuskan ini akan menjadi sebuah logo kolaboratif
yang setiap orang didunia dapat merubahnya"
- Irina Blok




Logo menyampaikan kekayaan sejarah perusahaan. Ini dapat menceritakan bagaimana perusahaan mendaki gunung untuk mencapai puncak sukses. Setiap Logo memiliki cerita untuk dikatakan.

Logo perusahaan Anda sangat penting untuk identitas dan pengenalan merek, namun pernahkah Anda memikirkan cerita dibaliknya? Nike Swoosh memiliki sejarah dari latar belakang yang membentuk merek yang paling terkenal saat ini, meski tanpa pengetahuan ini pelanggan mungkin hanya melihat Swoosh sebagai logo sederhana. Logo bukan hanya berfungsi sebagai wajah merek Anda, tetapi design terbaik yang memiliki cerita. Berikut beberapa cerita dibalik logo-logo terkenal dan bagaimana mereka menjadi perusahaan sukses.

Apple
Perusahaan teknologi terkenal sejak ditemukan oleh Steve Jobs memiliki apel yang tergigit sebagian pada logonya. Namun, tak banyak yang mengetahui bahwa logo pertama dibuat oleh Ron Wayne, melukiskan Sir Isaac Newton saat duduk dibawah pohon apel dengan moto, "pikiran selamanya berlayar melewati lautan pikiran asing...sendiri."

Bagaimanapun, hampir saja, logo ini diganti oleh design Rob Janoff, sebuah apel yang tergigit sebagian, selain dalam warna pelangi. Kemudian, saat Janoff mempresentasikannya pada Jobs beberapa tema design dengan apel tergigit, Jobs seketika menyukai logo tersebut karena hal ini terlihat "memanusiakan" perusahaan. Gigitan dibuat untuk membedakan logo dari buah seperti yang dikatakan Janoff "Mencegah apel agar tidak terlihat seperti buah cherry" .Tema dengan pewarnaan telah dihentikan sejak 1998.

Nike
Logo Nike, sangat efektif dalam semua kesederhanaannya, merupakan salah satu logo paling kuat dipakaian olah raga Amerika. Nike adalah dewa kemenangan Yunani dan logo perusahaan melambangkan sayapnya. 'Swoosh'. Menurut mitologi Yunani, Swoosh memotivasi dan memberikan pahlawan tenaga dan kekuatan yang besar.

Menurut legenda, Orang-orang Yunani akan mengatakan, "Saat kami memenangkan perang, kami katakan Nike." Sempurna bukan?

Starbucks
Kembali pada tahun 1971, saat Starbucks pertama hadir, sebuah pencarian untuk logo yang menangkap sejarah jauh kopi dan berakar kuat di pelabuhan Seatle. Ada banyak tuangan diatas buku tua angkatan laut saat mereka menemukan ukiran abad ke-16 Norse tentang duyung berekor kembar, atau Siren.

Ada sesuatu mengenai misteri ketertarikannya bercampur dengan tema kalautan yang tepat dalam pencarian penemu. Logo dibuat mengitarinya dan melalui beberapa jeweran kecil, mengingatkan logo pada perusahaan hingga saat ini.

McDonalds
Perusahaan McDonalds menjadi perusahaan dengan makanan cepat saji dan menjadi salah satu dari rantai restoran terbesar di dunia. Logo McDonalds menjadi simbol pengembangan bisnis internasional dan terdaftar sebagai "bagian Amerikanisasi dan budaya imperial Amerika."

Kurva emas yang terkenal dalam logo McDonalds menunjukan gaya, signifikan dan identitas perusahaan yang kuat. Logo ini dibuat oleh Dick dan Mac McDonald sebagai tanda berbentuk kurva disisi mereka kemudian stan hamburger. Dari sudut kedua kurva tersebut terlihat seperti huruf "M" dan itu, terintegrasi dalam logo McDonalds sebagai gabungan dua kurva bersamaan.

Merek Anda, Logo Anda, Cerita Anda

Apa yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya bahwa logo perusahaan lebih memiliki Arti dari pada sekedar design kreatif dan typography. Sementara itu faktor utama terdapat juga latar belakang kuat yang  memberikan inspirasi pada merek pada logo dalam seketika.

Logo perusahaan Anda tak hanya "wajah" tetapi juga cerita merek Anda. Sebelum melanjutkan dan memutuskan pada sebuah dongeng menjadi logo perusahaan, pikirkan mengenai arti, cerita, pesan. Apakah dongeng tersebut sesuai dibalik nilai dan misi perusahaan?

Sebuah logo yang baik akan menyita waktu, penelitian dan beberapa kali percobaan. Tetapi, saat Anda akhirnya mengerjakan hasil akhir akan memberi perusahaan Anda pesan dan keuntungan pasar yang lebih besar. Membuat logo yang akan bertahan sepanjang waktu, menangkap cerita dan membuat Anda bangga setiap saat Anda melihatnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar