Menggambar Bentuk Ekspresi Wajah Kartun


Menggambar Bentuk Ekspresi Wajah Kartun

Menggambar bentuk wajah kartun

Oleh: Carlos Gomes Cabral



Anak-anak adalah pemirsa utama ketika kita berbicara tentang kartun. Seorang kartunis yang baik adalah orang yang bisa menghasilkan detail utama obyek atau manusia dan menyederhanakannya dalam bentuk yang dapat dikenali anak-anak dan menjadi tertarik ketika melihatnya. Telah mempelajari persepsi bayi yang para ahli seperti Walt Disney, Hanna & Barbera, Chuck Jones, Jim Henson, Walter Lantz dan lainnya telah mempesona dunia dengan karakter ajaib dan abadi.


Peran saya di sini adalah untuk membuat Anda memahami cara yang tepat untuk merakit puzzle ini dan belajar bagaimana membangun karakter dari teknik yang disajikan. Saya jamin Anda akan terkejut betapa mudahnya untuk membuat ekspresi kartun anak-anak (dan orang dewasa) akan memuja!


Setelah Anda mempelajari dasar-dasarnya, Anda dapat mulai untuk mencari nafkah sebagai seorang kartunis. Atau mendapatkan beberapa pengalaman di pasar dengan menjual desain karakter Anda di GraphicRiver.




Memahami Persepsi Manusia


Manusia memiliki fitur yang sangat menarik: Kita dapat mempersatukan rincian yang membentuk struktur atau objek dalam cara yang sangat kompleks menjadi yang sangat mendasar dan sederhana. Dengan cara ini kita dapat mewakilkan berbagai jenis bentuk melalui beberapa kurva dan bentuk geometris.


Dapatkah Anda mengatakan pada saya bahwa kedua gambar dibawah menggambarkan obyek yang sama?
Memahami Persepsi Manusia



Mungkin terlihat aneh, Anda dapat melihat pada gambar dan mengatakan “itu adalah mobil”.


Yang terjadi adalah, tidak seperti artis, sebagian besar orang tidak bisa menjelaskan dari ingatan semua detail yang membentuk mobil, anjing atau bahkan seorang anak. Jadi mereka mulai mengaitkan bentuk yang sangat dasar dan primitif dengan karakteristik khusus dari setiap objek. Berapa banyak anak-anak dari 4, 5 atau 6 tahun datang dari sekolah dengan gambar dua lingkaran dan beberapa tusuk gigi pada selembar kertas dan berkata: "Ini ibu dan ayah!"?
Memahami Persepsi Manusia


Membuat Karakter Pertama Kita

Bentuk dasar kartun adalah lingkaran. Lingkaran adalah Semua yang Anda Perlukan (selain Cinta, tentu saja). Dari lingkaran ini Anda menentukan proporsi dasar kepala karakter Anda.
Membuat Karakter Pertama
Setelah lingkaran siap, saatnya menggambar garis axis wajah. Gambarkan sebuah garis vertikal dan horizontal yang bersinggungan ditengah, seperti dalam gambar dibawah:
Membuat Karakter Pertama



Langkah 1

Untuk membuat mata, gambar bentuk oval dengan sedikit miring ke samping di bagian atas. Ulangi pada sisi yang berlawanan. Hal ini penting untuk menempatkan jarak antara mereka dengan ukuran yang sama seseperti mata. Seperti berada dalam fase penyusunan, Anda dapat menarik mata lain di pusat sebagai ukuran.
Membuat Karakter Pertama


Langkah 2

Di bagian atas lingkaran, sedikit menebal yang akan menjadi bulu mata dari karakter kita. Tempatkan alis sedikit di atas bulu mata untuk menghasilkan semacam ekspresi terkejut. Gambar bentuk alis bebas dan dengan latihan Anda akan menyesuaikan diri dengan gaya Anda sendiri.

Gambarkan kedua pupil mengarah ke pusat (ini adalah taktik yang sangat efektif digunakan oleh kartunis besar yang tujuan utamanya adalah untuk membuat karakter Anda terlihat manis).
Membuat Karakter Pertama
Tips: Untuk memberi nyawa dan “kenyataan” dalam mata kita, Anda dapat menggambarkan sebuah garis kecil dibawahnya untuk mensimulasikan semacam kerutan. Ini adalah taktik menyenangkan lainnya yang menambah sentuhan spesial pada ekspresi wajah.
Membuat Karakter Pertama


Langkah 3

Kita tiba di sesi bebas paling kreatif dari seluruh program. Pikirkan cara ini: Dalam desain gaya kartun, struktur utama dari wajah adalah tengkorak dan mata dari karakter. Hal ini ada pada tahapan dimana Anda menentukan identifikasi dengan dunia luar, IE, hal itu sudah jelas untuk orang-orang bahwa Anda menggambar karakter.

Sekarang kita tiba ke rahang, kita akan memutuskan apakah kita ingin karakter gemuk atau yang kurus. Bisa menjadi tua, muda dan sebagainya. Karakter saya akan menjadi anak muda. Jadi, mari kita merancang sebuah rahang yang tepat untuknya.
Membuat Karakter Pertama

Langkah 4

Ketika merancang hidung dari pandangan depan, secara umum untuk tidak menggunakan banyak detail. Jika Anda menggambar hanya ujungnya, ada kemungkinan bahwa sudah mencapai efek yang meyakinkan. Hal ini juga sangat umum merinci hanya satu sisi dari hidung, dari ide bahwa ini adalah sisi berlawanan dari cahaya.

Mari kita beri hidung yang benar pada karakter kita.
Membuat Karakter Pertama

Langkah 5

Karena karakter kita adalah anak-anak, kita akan membuat mulut kartun: Sesuatu yang sederhana untuk menggambarkan sebuah ekspresi tanpa dosa.

Perhatikan ketika menggambarkan mulut seorang anak, bibir tidak perlu digambar! Dalam gaya kartun, anak-anak, tak berpengaruh jenis kelamin, memiliki bibir yang cukup sederhana. Sebuah garis yang bagus dan ekspresif cukup untuk menggambarkannya.
Membuat Karakter Pertama

Langkah 6

Telinga terlihat dari sisi pandangan depan (karena karakter kita menghadap kamera), jadi rongga dalam tidak akan terlihat. Lalu kita akan melakukan bentuk sederhana menggunakan beberapa perspektif dasar (di bab selanjutnya).

Membuat Karakter Pertama

Langkah 7

Bentuk tengkorak kita sudah terdefinikan dengan lingkaran yang kita lakukan diawal kan? Jadi kita hanya perlu gaya rambut yang sederhana dan kekanakan untuk memberi nyawa pada anak ini.

Membuat Karakter Pertama
 



Saya tidak tahu bagaimana menggambar rambut! Tolong!

Tenang, tenang... tidak ada yang perlu ditakutkan. Tidak perlu menjadi Penata rambut atau Perancang Busana untuk membuat rambut sempurna. Tidak ada cara yang tepat untuk menggambarkan rambut, jadi Anda perlu mencoba hingga Anda membuat gaya rambut ideal Sesuai keinginan. Perlu diingat bahwa rambut berperan sebagai definisi kepribadian karakter kita. Cukup aneh, rambut dapat mengekspresikan usia, pemberontakan, konservatif.. luar biasa bukan? Berbicara tentang... apa gaya rambut Anda?! Oh, lupakan..

Cara yang akurat dan cepat untuk menggambar rambut kartun adalah dengan mencari referansi foto di web! Saya melakukannya sepanjang waktu: ambil majalah fashion atau mencari di Google. Setelah menemukan gaya rambut ideal, gunakan gambar sebagai refernsi disamping papan gambar (atau tablet) dan mulai buat sebuah kartun dan menyederhanakan versinya.

Yeah, sepertinya kita telah berhasil menyelesaikan karakter kita! Selamat!
 
Sekarang mari bermain-main sedikit dan membuat karakter yang sangat berbeda berdasar pada template yang sama dengan yang kita gunakan pada Tommy kecil (ya, saya memberinya nama).


Membuat karakter yang lebih tua

Langkah 1

Seperti biasa, kita mulai dengan mata. Kali ini kita akan menggambar lebih cepat, menambahkan kerut dan pupil mata.

Perhatikan bahwa kita tidak banyak merubah , kita hanya melebarkan alis sedikit. Orang yang lebih tua memiliki alis lebih tebal, mengambil lebih banyak tempat pada kening. Bulu mata tidak ada bedanya pada pria, mereka selalu digambar dengan cara yang sama.

Membuat karakter yang lebih tua

Langkah 2

Kita akan menambahkan sedikit dagu sekarang. Coba sesuatu seperti ini.

Karakter kita sudah siap dengan “tampilan” berbeda! Ini sangat bagus. Kita akan memproses dengan memilih hidung yang sesuai untuknya.

Membuat karakter yang lebih tua

Langkah 3

Berdasarkan pada apa yang kita lakukan sebelumnya, mari kita membuat hidung. Sekarang saya akan membuat hidung yang benar-benar berbeda dari sebelumnya.

Perhatikan bahwa ujung hidung terletak sangat dekat dengan bawah hidung. Ini adalah tekhnik yang efektif untuk digunakan ketika mendesign hidung lebih besar dan lebar. Idenya adalah selalu melebih-lebihkan untuk mendapatkan hasil yang baik.
Membuat karakter yang lebih tua



Omong-omong, mari kita menghilangkan mulut karakter kita dengan tujuan untuk benda lain..


Langkah 4

Saya memutuskan menggunakan teknik yang lain sekarang: daripada menggambar mulut, kita akan secara sederhana menggambar kumis yang besar untuk membentuk kepribadian yang lebih baik bagi karakter kita.

Selesai! Sebuah kumis yang besar dan lebat untuk rekan tua kita!

Membuat karakter yang lebih tua

Langkah 5

Ingat apa yang saya katakan tentang rambut membantu menampilkan usia dan kepribadian? Perhatikan ini.

Kita baru saja menambahkan beberapa rambut disamping dan biarkan botak ditengah. Luar bisa bagaimana ini membuat tampilan yang benar-benar berbeda kan? Juga perhatikan bahwa saya mengambil telinga yang sama dari Tommy, anak laki-laki kesayangan. Itulah keuntungan bekerja pada template. Itulah sihir dari kartun!

Membuat karakter yang lebih tua


Membuat Karakter Wanita

Saya tidak tahu... Saya rasa Tommy perlu seorang saudara perempuan! Ia telah cukup kesepian disana. Mari kita buat saudara perempuan untuknya, seperti menggunakan sihir:

Membuat Karakter Wanita

Hey!!! Bagaimana Anda melakukannya begitu cepat? Sangat sederhana... Wanita memiliki struktur wajah yang lebih enak. Ikuti langkah-langkah berikut:
  • Alis tipis
  • Bulu mata lebih besar dan ekspresif
  • Kening lebih sempit
  • Hidung lebih kecil dengan detail lebih sedikit
  • Rambut panjang (gunakan referensi nyata dan pilih gaya apapun sesuka Anda)

Ekspresi Wajah

Kita siap untuk menambahkan lebih banyak ekspresi pada kesayangan kita, Lucy (ya, itulah namanya). Mari kita gambarkan ia menerima berita bahwa liburan sekolah mereka akan segera berakhir.

Ekspresi Wajah
Kita mendapatkan sesuatu yang benar-benar berbeda lagi hanya dengan menambah 2 hal: Air Mata dan bentuk mulut yang baru! Luar biasa bukan?!
Sekarang kembali pada Tommy dan tanyakan apa yang ia pikirkan:

Ekspresi Wajah
Perhatikan bahwa saya merubah total ekspresinya hanya dengan langkah berikut:
  • Buat salah satu alis lebih rendah dari lainnya
  • Memotong mata setengah dengan alis
  • Menambahkan senyuman (salah satu sisi lebih tinggi, mengikuti alis)
  • Menaikan pupil mata agar tetap dibawah alis
Dan inilah! Kita mendapatkan hasil yang kita inginkan dengan hanya mengikuti beberapa perubahan kecil ini. Rambut, Telinga, Hidung, kening dan bentuk lingkar mata tetap sama! Sesederhana itu!


Tampilan Profil

Gambarkan lagi template dibawah. Sekarang kita akan belajar bagaimana membuat Tommy dan Lucy dari tampilan profil:
Tampilan Profil

Kita akan menempatkan kedua wajah mereka sekarang:
Tampilan Profil
Perhatikan, dalam profil, telinga tetap berada di tengah lingkaran.

Waspada pada perbedaan utama dalam struktur ketika membandingkan mereka dari sisi ke sisi. Perhatikan pada detail ketika menggambar karakter pria dan wanita:

  • Alis Tommy lebih tebal
  • Kening Lucy lebih sedikit terlihat dibagian depan wajah
  • Hidung Lucy lebih kecil dan mancung
  • Lucy memiliki bulu mata lebih besar dan feminim

Bermain dengan sudut

Mata, hidung, mulut, telinga... semua detail yang membentuk wajah berubah bentuk ketika dilihat dari sudut lain. Hal ini sangat biasa untuk melihat karakter kartun terlihat pada setiap arah dengan sudut kamera yang berbeda, karena mereka akan perlu berreaksi pada situasi dan obyek disekitarnya. Hal ini membantu mereka terlihat lebih hidup!
Bermain dengan sudut

Perhatikan bagaimana format mata disederhanakan ketika dialihkan pada kartun. Lihat pada warna merah, bentuk oval dalam kontras pada bentuk lingkaran mata yang asli.
Bermain dengan sudut
Hidung yang asli terdiri dari beberapa tulang rawan. Perhatikan bagaimana ini membentuk secara drastis menjadi sederhana dalam kartun.
Bermain dengan sudut
Pahami bagaimana mulut bereaksi pada sudut yang berbeda adalh hal yang perlu. Hapus kelebihan detail dan cobalah untuk menjaga bentuk dasar bibir. Telingan juga secara dramatis disederhanakan.
Sekarang kita akan menaruh pada latihan semua yang telah kita pelajari sejauh ini... Ikuti template dasar dibawah (hanya lingkaran dan garis arah) dimana kita bisa melatih kemampuan menggambar kita dalam posisi yang berbeda:
Bermain dengan sudut

Mari menandai mata dalam berbagai arah pada setiap lingkaran...
Bermain dengan sudut
Sekarang mari kita tambahkan beberapa dagu acak, dengan ukuran dan bentuk berbeda...
Terserah pada Anda sekarang. Saya rasa Anda bisa melakukannya sendiri dan mengplorasi tekhnik yang saya berikan pada Anda untuk menyelesaikan gambar. Ingat bahwa gaya kartun memiliki dua pemikiran dasar:
  • Sederhanakan detail wajah dalam bentuk melingkar
  • Melebih-lebihkan ekspresi wajah
Sekali Anda mengatur arah sketsa dari mata dan telah memilih dahi yang sesuai, cobalah untuk menggunakan kreatifitas Anda untuk membangun beberapa wajah yang Anda inginkan. Anda dapat meyakinkannya, jika Anda berlatih setidaknya 10 menit perhari dari tekhnik yang saya tunjukan disini, menggambar wajah kartun akan menjadi alami seperti ketika Anda bernafas.
Mari kita simpulkan! Untuk menguatkan apa yang saya katakan pada tutorial, mari kita ingat langkah yang diperlukan untuk menggambar wajah kartun:
  • Buat lingkaran yang menunjukan tengkorak karakter kita;
  • Atur arah kemana karakter kita akan terlihat dan gambar garis bantu;
  • Buat garis luar mata dalam bentuk oval;
  • Menggambar pupil mata (buat agar mengarah ke hidung, jika Anda ingin karakter yang imut). Jangan lupakan bulu mata;
  • Pilih alis yang sesuai, tergantung pada umur dan jenis kelamin karakter Anda;
  • Gambarkan dagu yang tepat;
  • Gambarkan telinga yang sederhana;
  • Mencari gaya rambut di Google (atau majalah) dan gunakan sebagai panduan referensi pada sketsa Anda;
  • Rayakan!
Berikut adalah versi saya:
Bermain dengan sudut
Bermain dengan sudut
Contoh bagaimana menggunakan template yang sama untuk membangun emosi nyata. Perhatikan bahwa hanya bulu mata dan alis yang berubah. Tanpa yang lain!!!

Meneliti Berbagai Etnik

Kita hampir berada pada Akhir tutorial. Sebagai saran terakhir, Saya akan mendorong Anda untuk melanjutkan eksperimen dengan ekspresi wajah dan, bila mungkin, untuk berinvestasi dalam mempelajari wajah. Belajar bagaimana maa dan mulut bereaksi dalam situasi berbeda. Melihat-lihat pada etnik yang berbeda dan fitur kunci.

Meneliti Berbagai Etnik
Sebagai contoh, itu adalah etnik asli memiliki hidung rata dan tulang pipi lebih oval.
Kapanpun memungkinkan, cobalah untuk memberi sedikit realita pada karakter Anda. Meneliti perilaku orang-orang dalam kehidupan nyata. Melihat foto, mempelajari gaya dari artis favorit Anda atau mencari inspirasi di Internet. Hal ini ketika kita melihat pada kehidupan nyata bahwa kita bisa menghasilkan kualitas informasi untuk gambar Anda. Tetapi ingat: Meneliti dunia nyata tidak berarti mengjiplaknya! Anda ingin karakter Anda menjadi unik dan bukan jiplakan dari kenyataan bukan?

Kerja bagus! Ada hal lain untuk didapat!


Sekarang Anda mengerti teknik dasar yang digunakan artis kartun terbaik di dunia. Ada beberapa hal lain untuk dilakukan dan ini hanya pecahan kecil dari tutorial menggambar yang akan saya tunjukan pada Anda. Berikutnya, kita akan menggali lebih dalam pada ekspresi kartun.

Ambil apa yang Anda pelajari dan bekerja pada karakter pertama Anda. Anda bisa mendapat penghasilan sampingan dari menjual karakter Anda pada GraphicRiver sementara Anda meningkatkan kemampuan. Lanjutkan kemampuan artistik Anda dan Anda akan menerima penghasilan penuh sebagai kartunis.
Menggambar Bentuk Ekspresi Wajah Kartun
Menggambar Bentuk Ekspresi Wajah Kartun
Menjelajahi gaya lain dan format tengkorak berbeda! Langitlah batasnya!
Jika Anda berhasil membuat karya Anda sendiri, tunjukan karya Anda di kolom komentar.
Selamat berkarya!!


Download Tutorial Ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar