Teknik Seni Karakter Imut

Judul:

Teknik Seni Karakter Imut

Oleh: Meni Tzima

Software: Adobe Illustrator
Lama Pengerjaan: 2 - 3 Jam
Level: Menengah
Sumber: Digital Arts Online
File Bahan: -

Intro:

Meni Tzima tahu segala yang imut. Dan Menyeramkan. Ia adalah spesialis dalam kerajinan imut, biasanya karakter aneh dari Yupiland maya miliknya yang menghantui sejak 2003 – dan menyebarkan serangkaian tekhnik untuk memberi nafas kehidupan pada kreasinya. Ia telah membuat karya buku, pakaian dan produk untuk anak-anak – dan karakternya semakin menemukan rumah dalam perusahaan.



Untuk masterclass ini, Meni mengungkapkan bagaimana ia membuat karakter diatas dari sketsa awal hingga pengerjaan dalam Adobe Illustrator. Sketsa awal dapat Anda download untuk Anda kerjakan. Masterclass digambar dengan kemampuan seni vektor, menjelajahi kekuatan dari berbagai tekhnik stroke.

Seperti yang dikatakan Meni, intinya adalah bersenang-senang saat bekerja dan melanjutkan eksperimen dalam design karakter.



Langkah 1


Pertama, kita akan membuat sketsa karakter. Ambil pensil Anda dan bersenang-senang. Cobalah untuk membawa keluar karakter yang Anda bayangkan di atas kertas dan mulai memproduksi sketsa kasar. Karakter kita mungkin akan dibuat sketsa beberapa kali sebelum kita puas dengan hasilnya. Jangan takut untuk bereksperimen dan mengacaukan dengan sketsa Anda, buku sketsa berantakan lebih baik daripada satu kosong, dan tentu saja, berlatih menghasilkan kesempurnaaan!

1



Langkah 2

Ini adalah sketsa akhir dari karakter yang kita akan kerjakan. Salinan itu terlampir dalam file proyek, bernama sketch.jpg. Sebelum memindai gambar, penting untuk menjaga sketsa akhir bersih, sehingga nantinya kita bisa dengan mudah tracing di Illustrator. Anda dapat menggunakan light box untuk tracing gambar pada selembar kertas baru, atau menggunakan kertas tracing. Setelah sketsa ditransfer, perbaiki sketsa di area yang diperlukan.
2



Langkah 3

Pindai gambar melalui Adobe Photoshop. Dianjurkan Anda scan dalam resolusi tinggi (300dpi), sehingga akan lebih mudah untuk tracing rincian kecil. Agar memiliki ukuran file yang lebih kecil, pilih mode warna abu-abu dalam pengaturan scanner. Setelah selesai, simpan gambar sebagai file JPEG, dan pilih kualitas maksimum 12 dalam pilihan gambar JPEG. Pilih Image > Adjustments > Brightness / Contrast untuk meningkatkan kontras gambar jika diperlukan.
3


Langkah 4

Dalam Adobe Illustrator, pilih File > New atau Ctrl/Cmd + N dan buat dokumen baru, beri nama, dan pilih ukuran A4, posisi Potrait. Untuk keperluan cetak, kita akan memilih mode warna CMYK. Pilih File > Place dan tempatkan file sketch.jpg dalam dokumen.
4

Langkah 5

Pada panel Layers, ubah layer type untuk Template dalam pilihan expanded. Beri nama layer 'Template'. Buat layer baru. Ini adalah lapisan dimana kita akan mulai bekerja. Dalam rangka untuk memiliki kontrol penuh, cobalah untuk memisahkan karya seni Anda berlapis. Jangan lupa, ini sangat penting untuk memberi nama layer, dan itu benar-benar membantu ketika Anda bekerja dalam proyek-proyek yang kompleks dengan banyak layer.
5


Langkah 6

Gunakan Pen tool, mulai tracing gambar. Kurva Bezier mungkin tampak sulit untuk dikontrol pengguna Illustrator baru, tapi itu hanya masalah latihan agar terbiasa. Cobalah untuk menambahkan anchor point hanya di mana diperlukan, dan gunakan sesedikit mungkin. Lekuk kurva Anda akan memiliki bentuk yang lebih baik dan harmonis.
6


Langkah 7

Pena yang dipegang karakter kita adalah obyek simetris, jadi kita tidak perlu mendesign keseluruhan. Gunakan Pen tool dari pnael alat, design setengahnya. Duplikat bentuk tersebut dengan memilih kedua bentuk dan tekan Alt/Option + Shift dan tarik ke kiri. Select Object > Transform > Reflect > Vertical Axis. Satukan path dengan memilih kedua titik akhir dan klik Object > Path > Join or Ctrl/Cmd + J.
7


Langkah 8

Meski cukup sulit untuk mengendalikan dengan mouse, sebuah tablet Wacom dan pena bisa sangat berguna ketika menggunakan Pencil tool dari panel alat.

Gunakan tool ini untuk menggambar path bebas. Gunakan Smooth tool dari palet tambahan dari Pencil tool untuk menghaluskan goyangan path.
8


Langkah 9

Sementara kita melanjutkan tracing karakter, akan sangat berguna untuk mulai menggunakan warna. Kita tidak perlu khawatir dengan kombinasi warna yang tepat, Pewarnaan akan membantu kita memastikan dan mungkin memperbaiki bentuk jika diperlukan. Kombinasi warna dasar dapat dengan mudah ditemukan dalam panel Swatch.
9


Langkah 10

Ini adalah cara yang mudah untuk menggambar hati: Gunakan Elipse tool, gambar dua lingkaran dan tekan tombol Vertical Align Center. Pilih kedua lingkaran, tekan Add To Shape Area pada palet Pathfinder, dan kemudian tekan tombol Expand.

Gunakan Direct Selection tool, tarik kebawah titik tengahnya, lalu klik pada titik menggunakan Convert Anchor Point tool. Gunkaan Delete Anchor Point tool, hapus bagian bawah kanan dan kiri anchor point dan tekan Shift dan tarik kebawah garis arah.
10


Langkah 11

Setelah tracing karakter, karakter kita membutuhkan beberapa perbaikan kecil untuk terlihat lebih seimbang. Sebuah ide yang baik untuk mengambil istirahat sejenak dan melupakan karakter kita untuk sementara waktu. Ketika kita kembali, kita akan melihat kekurangannya segera.

Ketika tidak ada waktu untuk istirahat, cara yang tepat untuk memaksa otak kita mengambil jarak dari gambar adalah dengan hanya membalik karakter. Tekan Select > All atau Ctrl/Cmd + A dan kemudian Object > Transform > Reflect > Vertical Axis.
11

Langkah 12

Karakter kita mulai melihat lebih menarik ketika kita mulai bekerja dengan stroke. Menggunakan tebal stroke yang sama di mana-mana membuat tampilan gambar agak datar. Dalam panel Strokes, cobalah dengan berbagai bobot stroke dan penyesuaian.
12


Langkah 13

Dalam Adobe Illustrator, ada banyak pilihan warna pada Swatch libraries, termasuk ink libraries seperti Pantone dan berbagai thematic libraries. Sebuah thematic Swatch library yang sangat berguna adalah Skintone libraries.

Pilih Window > Swatch Libraries > Skintones dan kemudian ambil sebuah warna untuk kulit sedekat mungkin pada warna yang ingin Anda gunakan, tetapi mereka sangat bagus sebagai warna dasar dan kemudian pada panel Colour, buat berbagai koreksi warna.
13


Langkah 14

Bereksperimen sebelum memutuskan mana warna dasar untuk digunakan pada karakter Anda. Triknya adalah membuat banyak salinan karakter dan mencoba berbagai kombinasi warna. Pilih versi warna yang lebih Anda pilih, tetapi disarankan untuk tetap menyimpan versi lainnya dalam sebuah layer, barang kali Anda ingin menggantinya.
14

Langkah 15

Putuskan posisi sumber cahaya gambar dan mulai menambahkan bayangan dan pencerahan. Sisakan waktu untuk bekerja dengan karakter Anda pada langkah ini, dan ingat bahwa selalu ada ruang untuk perbaikan. Gunakan Zoom tool atau tekan Ctrl/Cmd + +, lihat dengan seksama untuk memastikan seluruh elemen gambar berada pada tempatnya. Jika perlu tambahkan detail menyenangkan pada karakter Anda.
15

  

http://adf.ly/1a54Mm




Tidak ada komentar:

Posting Komentar