Memberi Kepribadian Pada Karakter Gambar

Judul:

Memberi Kepribadian Pada Karakter Gambar

Oleh: Aaron Miller
Software: Adobe Illustrator CS3
Lama Pengerjaan: 3 - 4 Jam
Sumber: Digital Arts Online
File Bahan: Download

Intro:
Apa yang lebih terasa enak dibanding Donat Berlapis Gula dengan pernak-pernik? Sepiring kue menggiurkan, Itulah. Jika Anda mencari sebuah seri karakter untuk dibuat berdasarkan suatu tema, apa yang lebih baik sebagai contoh dibanding salah satu permen menyenangkan Aaron Miller?
Anda akan belajar bagaimana membuat karakter dari goresan, termasuk berfikir dan membuat sketsa bantuan, sebaik mengembangkan ide Anda. Anda juga akan belajar beberapa teknik kreatif dalam Illustrator untuk membantu memberi karakter Anda beberapa atribut pembeda, sebaik meningkatkan kepercayaan baru dengan Pen Tool menakutkan dan palet Pathfinder untuk membuat bentuk.
Anda akan memerlukan scanner dan tablet grafis untuk melakukan tutorial ini tetapi dengan cipratan imajinasi dan cubitan creatifitas Anda bisa memasak karakter nikmat anda sendiri.
Anda juga mungkin hanya harus menaruh gembok pada biskuit anda sementara...



Langkah 1

Pertama, putuskan dalam sebuah tema untuk karakter Anda, ini bisa sesederhana atau seaneh yang Anda suka. Kebanyakan keuntungan karakter dari memiliki sejarah dan kepribadian, jadi namakan karakter Anda dan fikirkan tentang gaya hidupnya. Sebagai contoh, karakter yang sudah saya gambar bernama Mr. Sprinkles. Scan sketsa pada 300dpi dan tempatkan dalam dokumen baru illustrator (File > Place). Redupkan gambar 50% dan kunci layer ini.

Langkah 2

Pada Layer baru, dengan menggunakan Pen Tool (P) mulai tracing garis luar karakter Anda; kuasai Pen Tool dalam Illustrator sangat diperlukan mengingat ini sebagai alat yang paling penting. Gambar sebuah bentuk lapisan gula yang melapisi donat, pilih keduanya dan klik Edit > Copy kemudian Edit > Paste > Paste in Front atau (Cmd/Ctrl + F). Pilih Divide dalam palet Pathfinder, untuk menghapus area yang tidak diinginkan.


 

Langkah 3

Kita perlu membuat bagian tengah donat kita. Gambar bagian tengah donat dan copy ini. Gunakan Selection tool (V), pilih bagian utama donat dan lubang dan substract from shape area dalam Pathfinder (Alt + Click). Ulangi langkah ini pada lapisan gula.


Langkah 4

Pilih Pen Tool dan pastikan tidak ada fill tetapi tambahkan stroke width dalam 2pt dan klik pada Round Cap dari Stroke Palette. Sekarang gambar setengah dari senyuman karakter Anda. Copy dan Paste in Front, kemudian klik kanan dan pergi ke Transform > Reflect dan pilih Vertical dari menu yang muncul. Atur kedua bentuk dan kemudian denga keduanya terseleksi, pergi ke Object > Path > Outline Stroke.

Langkah 5

Pilih Ellips tool (L) dan gambarkan mata. Mulai dengan pupil, atur dalam fill hitam dan tanpa stroke. Copy dan Paste bentuk ini dibelakang (Cmd/Ctrl + B). Gunakan Selection tool (V), tekan shift dan tarik bentuk ini lebih luas dan tambahkan fill putih. Gambar lingkaran lain sebagai pencahayaan dan paste mata untuk mengaturnya menurut sketsa Anda.


Langkah 6

Gambar sisa karakter Anda menggunakan Pen Tool. Gambar satu lengan kemudian copy/paste/reflect seperti yang kita lakukan pada langkah 4. Beri ini warna yang sama dengan bentuk donat, gunakan Eye Dropper tool (I). Sekarang copy dan Paste donat Anda di atas dan pindahkan sehingga ini melapisi bentuk lengan, kemudian tekan Alt + Klik untuk memilih area bentuk yang diinginkan.


Langkah 7

Ulangi proses ini untuk membuat kaki. Terapkan mode Multiply Blend pada mereka dangan Opacity 15%. Pilih kaki, kemudian ke Effect > Blur > Gausian Blur. Ini membantu mencampur bayangan untuk mencegahnya terlihat terlalu keras. Ini adalah cara terbaik dalam mencampur warna tanpa menggunakan gradien, sementara mereka bisa sedikit susah dikendalikan suatu waktu.
 

Langkah 8

Untuk membuat donat terlihat lebih realistis kami bisa menggambar bentuk lain diatas lapisan gula untuk membuatnya terlihat ini meluber disekitar bagian tengah. Copy bentuk lapisan gula dan paste ke belakang bentuk baru Anda, gunakan palet Pathfinder untuk menghapus area yang tidak diinginkan.



Langkah 9

Jika bentuk Anda sedikit kasar dan perlu beberapa perubaan, gunakan Smooth tool, berada di palet dropdown Pencil tool (N). Klik dan tahan untuk mengeluarkan menu ini, kemudian tarik tool tersebut melintasi bentuk Anda untuk menghaluskan anchor Point yang tidak diinginkan.


Langkah 10

Saat ini, Mr. Spinkle terlihat sedikit datar jadi kita perlu menambahkan beberapa definisi pada tubuhnya. Kita bisa melakukannya dengan inner glow. Pilih area tengah donat dan bagian utama tubuh dan pergi ke Effect > Stylize > Inner Glow. Bereksperimen dengan setting disini, tergantung pada ukuran kanvas Anda.


Langkah 11

Untuk menambahkan pencahayaan pada karakter, gambarkan sebuah lingkaran menggunakan Ellipse Tool (L) dan satu lagi, yang lebih besar dan menindih keduanya. Pastikan yang lebih besar berada diatas yang kecil, tekan Alt + Klik untuk memotong dari area bentuk. Copy bentuk ini dan refeksikan secara vertikal, ubah ukurannyaperlahan. Ubah keduanya dengan warna putih dan tambahkan Gaussian blur 8,8pt, kemudian kurangi transparansinya.


Langkah 12

Gunakan Rounded Rectangle tool dalam menu Rectangle tool (M), gambarkan beberapa strip gula dalam ukuran bervariasi. Ini akan menjadi ratusan dan ribuan kita. Sekali Anda senang dengan ukuran dan warnanya, tarik setiap strip pada palet Symbol, beri nama sesuka Anda.


Langkah 13

Sekarang Anda memiliki sebuah seri symbol dengan ukuran dan warna berbeda tersimpan, pilih Symbol Sprayer tool (Shift + S). Semprotkan simbol Anda secara acak untuk membantu dengan aspek unik design. Saya juga menggunakan Symbol Spinner tool yang berada dalam bagian flyout dari menu.


Langkah 14

Pilih layer strip gula dan copy pada layer baru terpisah. Kemudian tekan Object > Expand, pastikan obyek dan isi tercentang lalu tekan ok. Setiap simbol berwarna berada pada layernya maka tekan Cmd/Ctrl + Shift + G sebanyak sepuluh kali untuk ungroup mereka dan membuat mereka semua sebagai obyek terpisah. Disini Anda dapat memindahkan atau menghapus simbol apapun yang tidak diinginkan.




Langkah 15

Design kita sudah siap tetapi ini terlihat sedikit membosankan dan perlu beberapa warna. Pikirkan tipe donat yang dapat Anda beli di toko kue dan bereksperimen dengan beberapa skema warna baru. Bagi saya, warna Coklat bekerja dengan baik.


Langkah 16

Atur setiap warna agar sesuai dengan lapisan luberan gula coklat; Saya telah merubah warna mulut dan mata dan menambahkan inner glow gelap pada luberan gula. Sekarang, dengan menggunakan teknik ini Anda dapat menambahkan karakter lain berdasar tema manis, seperti Simon Swiss Roll. Bon appetit!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar