Memberi Kepribadian Pada Karakter Gambar
Oleh: Aaron MillerSoftware: Adobe Illustrator CS3
Lama Pengerjaan: 3 - 4 Jam
Sumber: Digital Arts Online
File Bahan: Download
Intro:
Apa yang lebih terasa enak dibanding Donat Berlapis Gula dengan pernak-pernik?
Sepiring kue menggiurkan, Itulah. Jika Anda mencari sebuah seri karakter untuk
dibuat berdasarkan suatu tema, apa yang lebih baik sebagai contoh dibanding
salah satu permen menyenangkan Aaron Miller?
Anda akan belajar bagaimana membuat karakter dari goresan, termasuk
berfikir dan membuat sketsa bantuan, sebaik mengembangkan ide Anda. Anda juga akan
belajar beberapa teknik kreatif dalam Illustrator untuk membantu memberi
karakter Anda beberapa atribut pembeda, sebaik meningkatkan kepercayaan baru
dengan Pen Tool menakutkan dan palet Pathfinder untuk membuat bentuk.
Anda akan memerlukan scanner dan tablet grafis untuk melakukan tutorial
ini tetapi dengan cipratan imajinasi dan cubitan creatifitas Anda bisa memasak
karakter nikmat anda sendiri.
Anda juga mungkin hanya harus menaruh gembok pada
biskuit anda sementara...Langkah 1
Pertama, putuskan dalam sebuah tema untuk karakter Anda, ini bisa
sesederhana atau seaneh yang Anda suka. Kebanyakan keuntungan karakter dari
memiliki sejarah dan kepribadian, jadi namakan karakter Anda dan fikirkan
tentang gaya hidupnya. Sebagai contoh, karakter yang sudah saya gambar bernama
Mr. Sprinkles. Scan sketsa pada 300dpi dan tempatkan dalam dokumen baru illustrator
(File > Place). Redupkan gambar 50% dan kunci layer ini.
Langkah 2
Pada Layer baru, dengan menggunakan Pen Tool (P) mulai tracing garis luar karakter Anda; kuasai Pen Tool dalam
Illustrator sangat diperlukan mengingat ini sebagai alat yang paling penting.
Gambar sebuah bentuk lapisan gula yang melapisi donat, pilih keduanya dan klik Edit > Copy kemudian Edit > Paste > Paste in Front atau (Cmd/Ctrl
+ F). Pilih Divide dalam palet Pathfinder,
untuk menghapus area yang tidak diinginkan.
Langkah 3
Kita perlu membuat bagian tengah donat kita. Gambar bagian
tengah donat dan copy ini. Gunakan Selection tool (V), pilih bagian utama donat dan lubang dan substract from shape
area dalam Pathfinder (Alt + Click).
Ulangi langkah ini pada lapisan gula.
Langkah 4
Pilih Pen Tool dan pastikan tidak
ada fill tetapi tambahkan stroke width dalam 2pt dan klik pada Round Cap dari
Stroke Palette. Sekarang gambar setengah dari senyuman karakter Anda. Copy dan
Paste in Front, kemudian klik kanan dan pergi ke Transform > Reflect dan
pilih Vertical dari menu yang muncul. Atur kedua bentuk dan kemudian denga
keduanya terseleksi, pergi ke Object > Path > Outline Stroke.
Langkah 5
Pilih Ellips tool (L) dan gambarkan mata. Mulai dengan
pupil, atur dalam fill hitam dan tanpa stroke. Copy dan Paste bentuk ini dibelakang
(Cmd/Ctrl + B). Gunakan Selection
tool (V), tekan shift dan tarik
bentuk ini lebih luas dan tambahkan fill putih. Gambar lingkaran lain sebagai pencahayaan
dan paste mata untuk mengaturnya menurut sketsa Anda.
Langkah 6
Gambar sisa karakter Anda
menggunakan Pen Tool. Gambar satu lengan kemudian copy/paste/reflect seperti
yang kita lakukan pada langkah 4. Beri ini warna yang sama dengan bentuk donat,
gunakan Eye Dropper tool (I).
Sekarang copy dan Paste donat Anda di atas dan pindahkan sehingga ini melapisi
bentuk lengan, kemudian tekan Alt + Klik
untuk memilih area bentuk yang diinginkan.
Langkah 7
Ulangi proses ini untuk membuat
kaki. Terapkan mode Multiply Blend pada mereka dangan Opacity 15%. Pilih kaki,
kemudian ke Effect > Blur > Gausian Blur. Ini membantu mencampur bayangan untuk mencegahnya
terlihat terlalu keras. Ini adalah cara terbaik dalam mencampur warna tanpa
menggunakan gradien, sementara mereka bisa sedikit susah dikendalikan suatu
waktu.
Langkah 8
Untuk membuat donat terlihat
lebih realistis kami bisa menggambar bentuk lain diatas lapisan gula untuk
membuatnya terlihat ini meluber disekitar bagian tengah. Copy bentuk lapisan
gula dan paste ke belakang bentuk baru Anda, gunakan palet Pathfinder untuk
menghapus area yang tidak diinginkan.
Langkah 9
Jika bentuk Anda sedikit kasar
dan perlu beberapa perubaan, gunakan Smooth tool, berada di palet dropdown Pencil
tool (N). Klik dan tahan untuk
mengeluarkan menu ini, kemudian tarik tool tersebut melintasi bentuk Anda untuk
menghaluskan anchor Point yang tidak diinginkan.
Langkah 10
Saat ini, Mr. Spinkle terlihat
sedikit datar jadi kita perlu menambahkan beberapa definisi pada tubuhnya. Kita
bisa melakukannya dengan inner glow. Pilih area tengah donat dan bagian utama
tubuh dan pergi ke Effect > Stylize > Inner Glow. Bereksperimen dengan setting disini, tergantung pada
ukuran kanvas Anda.
Langkah 11
Untuk menambahkan pencahayaan
pada karakter, gambarkan sebuah lingkaran menggunakan Ellipse Tool (L) dan satu lagi, yang lebih besar dan
menindih keduanya. Pastikan yang lebih besar berada diatas yang kecil, tekan Alt + Klik untuk memotong dari area
bentuk. Copy bentuk ini dan refeksikan secara vertikal, ubah ukurannyaperlahan.
Ubah keduanya dengan warna putih dan tambahkan Gaussian blur 8,8pt, kemudian
kurangi transparansinya.
Langkah 12
Gunakan Rounded Rectangle tool
dalam menu Rectangle tool (M),
gambarkan beberapa strip gula dalam ukuran bervariasi. Ini akan menjadi ratusan
dan ribuan kita. Sekali Anda senang dengan ukuran dan warnanya, tarik setiap
strip pada palet Symbol, beri nama sesuka Anda.
Langkah 13
Sekarang Anda memiliki sebuah seri symbol dengan ukuran dan
warna berbeda tersimpan, pilih Symbol Sprayer tool (Shift + S). Semprotkan simbol Anda secara acak untuk membantu
dengan aspek unik design. Saya juga menggunakan Symbol Spinner tool yang berada
dalam bagian flyout dari menu.
Langkah 14
Pilih layer strip gula dan copy
pada layer baru terpisah. Kemudian tekan Object
> Expand, pastikan obyek dan isi
tercentang lalu tekan ok. Setiap simbol berwarna berada pada layernya maka
tekan Cmd/Ctrl + Shift + G sebanyak
sepuluh kali untuk ungroup mereka dan membuat mereka semua sebagai obyek
terpisah. Disini Anda dapat memindahkan atau menghapus simbol apapun yang tidak
diinginkan.
Langkah 15
Design kita sudah siap tetapi ini
terlihat sedikit membosankan dan perlu beberapa warna. Pikirkan tipe donat yang
dapat Anda beli di toko kue dan bereksperimen dengan beberapa skema warna baru.
Bagi saya, warna Coklat bekerja dengan baik.
Langkah 16
Atur setiap warna agar sesuai
dengan lapisan luberan gula coklat; Saya telah merubah warna mulut dan mata dan
menambahkan inner glow gelap pada luberan gula. Sekarang, dengan menggunakan
teknik ini Anda dapat menambahkan karakter lain berdasar tema manis, seperti
Simon Swiss Roll. Bon appetit!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar